Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisSatpol PP Ciamis akan Tegas Tertibkan PKL yang Jualan di Trotoar Jalan

Satpol PP Ciamis akan Tegas Tertibkan PKL yang Jualan di Trotoar Jalan

Petugas Satpol PP Ciamis saat menertibkan sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang trotoar, Pasar Manis Ciamis, Kamis (14/08/2014) Sore. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Satpol PP Kabupaten Ciamis menyatakan akan bertindak tegas terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih berjualan di tempat terlarang, salah satunya berjualan di trotoar jalan. Selain menegakan aturan Perda, juga langkah ini diambil sebagai upaya penataan kota agar tidak terlihat semraut.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kabupaten Ciamis, Dedi Iwa Saputra, menegaskan, pihaknya bukan tanpa alasan melakukan penertiban PKL yang masih berjualan di trotoar jalan. Meski sudah melayangkan surat himbaun, kata dia, namun tidak sedikit pedagang yang tetap membandel. [Baca: Satpol PP Tertibkan PKL yang Jualan di Trotoar Pasar Ciamis]

“Meski mereka berdalih apapun, kalau pelanggaran tentunya harus ditindak,” tegasnya, Kamis (14/08/2014).

Dedi menambahkan, pihaknya saat ini masih memberikan toleransi kepada PKL untuk diberi kesempatan menertibkan sendiri lapak dagangannya. Namun, apabila mereka tetap berjualan di trotoar jalan dan tidak mengindahkan himbauan dari pihak Satpol PP, maka dengan terpaksa akan ditertibkan paksa.

“Kalau merujuk kepada aturan Perda, pedagang yang berjualan di tempat terlarang bisa dikenakan hukuman 6 bulan penjara atau denda Rp 50 juta,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)