Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita CiamisSatpol PP Tertibkan PKL yang Jualan di Trotoar Pasar Ciamis

Satpol PP Tertibkan PKL yang Jualan di Trotoar Pasar Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Petugas Gabungan dari Pemkab Ciamis yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika serta Dinas Perdagangan, Indrustri dan Koperasi Kabupaten Ciamis, menertibkan sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang trotoar, Pasar Manis Ciamis, Kamis (14/08/2014) Sore. Pedagang yang ditertibkan ini kebanyakan mereka yang berjualan kepingan VCD bajakan.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban Dinas Satpol PP Ciamis, Dedi Iwa Saputra, didampingi Kasi Penegak Perda Dinas Satpol PP Ciamis, Udi Wahyudi mengatakan, penertiban ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi yang digelar oleh beberapa instansi terkait di Pemkab Ciamis.

“Kita berpijak pada Perda no 10 Tahun 2012 tentang K3 (Keamanan,Keindahan dan Ketertiban). Dalam Perda tersebut disebutkan bahwa trotoar bukan tempat berjualan, tetapi untuk pejalan kaki,” katanya.

Dedi menambahkan, sejumlah pedagang tersebut ditertibkan karena mereka seenaknya berjualan di sepanjang trotoar Pasar Manis Ciamis. “Sebelum melakukan penertiban ini kami telah melayangkan surat pemberitahuan kepada para pedagang, tetapi tidak diindahkan. Akhirnya terpaksa kami tertibkan,” ujarnya.

Namun, salah seorang pedagang yang ditertibkan, Rizal, mengaku kaget dengan penertiban yang dilakukan pihak Satpol PP. Menurutnya, para pedagang tidak diberitahu bahwa akan dilakukan penertiban. “Seharusnya petugas kalau mau menertibkan jangan mendadak seperti ini. Mestinya kasih pemberitahuan sebelumnya,” ujarnya. (Her/R2/HR-Online)