Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisSoal Faham ISIS, Bupati Minta Masyarakat Ciamis Tidak Terprovokasi

Soal Faham ISIS, Bupati Minta Masyarakat Ciamis Tidak Terprovokasi

Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin.

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Ciamis menyatakan menolak ideologi yang diusung kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah alias ISIS dan melarang pengembangan ideologinya di di wilayah Ciamis. Untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi akibat informasi tersebut, masyarakat Ciamis pun diminta tidak terprovokasi.

“Ini kan sudah diputus. Keputusan menolak faham ini (ISIS) diputuskan dalam rapat kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, belum lama ini,” ungkap Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin, Selasa (5/8/2014), ketika dimintai tanggapan oleh awak media seusai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Ciamis.

Iing berharap, masyarakat Kabupaten Ciamis tidak mudah terprovokasi dengan persoalan ini. Dia ingin wilayah Ciamis tetap kondusif. Dia juga mengakui, arus informasi saat ini sangat cepat, sehingga apapun bisa cepat diketahui. “Ciamis harus kondusif. Masyarakat juga jangan mudah terprovokasi,” katanya.

Seperti dilansir dari BBC Indonesia, Pemerintah Indonesia menyatakan, ISIS bukanlah masalah agama melainkan ideologi atau keyakinan yang dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Bahkan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, menyatakan, pemerintah dan negara Indonesia menolak dan tidak mengizinkan faham ISIS berkembang di Indonesia. Menurutnya, setiap upaya pengembangan faham ISIS dan IS (Islam State) harus dicegah. (Deni/R4/HR-Online)