Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarTingkatkan SDM, PPMDKBP Gelar Lomba Posyandu

Tingkatkan SDM, PPMDKBP Gelar Lomba Posyandu

Photo Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan Posyandu memiliki peranan penting bagi pertumbuhan kesehatan balita dan kesejahteraan keluarga. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kinerja, strata serta evaluasi lembaga tersebut, Kantor Pemberdayaan Pemerintahan, Masyarakat Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (PPMDKBP) Kota Banjar, menggelar Lomba Posyandu tingkat Kota Banjar.

Saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (11/08/2014), Kepala Kantor PPMDKBP Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP.,M.Si, mengatakan, penilaian lomba akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2014 di setiap perwakilan Posyandu Kecamatan.

Penilaian di tingkat kota akan mengambil empat Posyandu terbaik yang selanjutnya akan dinilai kembali pada tahap berikutnya. Kemudian, bagi pemenang dalam penilaian itu berhak mewakili Kota Banjar pada Lomba Posyandu di tingkat Provinsi Jabar.

Adapun Posyandu empat Posyandu yang akan dinilai pada tahap berikutnya meliputi Posyandu Melati 3 Lingkungan Langensari, Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Posyandu Melati 2 Dusun Cigadung, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Posyandu Mawar Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, dan Posyandu Anggrek Dusun Babakan, RT.07, RW.02, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar.

“Penilaiannya dilakukan terhadap responden kelompoknya, seperti Pokjanal Posyandu Kecamatan, kades/lurah, dan Pokja Posyandu desa/kelurahan, kepengurusan LPM, Kader Posyandu, serta ibu balita atau masyarakat setempat,” katanya.

Hal ini dilakukan guna mewujudkan performance Posyandu yang mampu melaksanakan kegiatan pokok dan kegiatan tambahannya, yaitu SDM yang bias menjalankan fungsi Posyandu.

Selain itu, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai indikator utama dalam pengukuran kinerja Posyandu, serta guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kesehatan pada Posyandu di wilayah Kota Banjar.

“Kami berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya, seperti Dinkes, Disdik, Dinas KB juga TP. PKK sebagai tim penilai dalam Pokjanal-Posyandu Kota Banjar,” kata Wawan. (Nanks/R3/HR-Online)