Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Pamarican Ciamis Blokir Jalan Rusak

Warga Pamarican Ciamis Blokir Jalan Rusak

Pengendara motor saat melintasi jalan rusak. Photo : Entang SR/ HR

Pamarican, (harapanrakyat.com),-

Akibat jalan kampung tidak jadi diperbaiki dan diaspal, puluhan warga Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memblokir jalan utama kampung dengan pohon dan batu. Sempat terjadi ketegangan ketika Kepala Desa dan Anggota DPRD datang ke lokasi menemui warga.

Warga blok Dano, Desa Bangunsari, Pamarican, sejak selasa malam melakukan pemblokiran jalan utama kampung. Hal ini dipicu oleh tidak jadinya perbaikan dan pengaspalan jalan di kampung setempat oleh Dinas Binamarga Kabupaten Ciamis.

Dengan menggunakan batang pohon dan batu-batuan, warga menutup badan jalan utama kampung sehingga kendaraan baik mobil maupun motor sulit melintas. Sempat terjadi ketegangan ketika Kepala Desa setempat dan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis datang ke lokasi menemui warga.

Mereka membujuk agar menghentikan pemblokiran, namun warga menolkanya. Tidak berselang lama, ketegangan tersebut dapat diredam setelah tokoh masyarakat setempat melerainya.

Dede Ismail, tokoh masyarakat, Rabu (13/8/2014) mengatakan, Dinas binamarga dan Kepala Desa sudah menyetujui perbaikan dan pengaspalan  jalan sepanjang 1,6 kilometer itu. Namun jalan yang diaspal hanya sepanjang 1 kilometer.

Akhirnya, warga yang berada di sepanjang jalu yang belum diaspal, spontan marah dan melakukan pemblokiran jalan. Padhal, kondisi jalan rusak itu sudah terjadi selama 20 tahun dan belum pernah diperbaiki hingga sekarang.

Warga mengancam bila tuntutan mereka untuk pengaspalan jalan sepanjang 1 koma 6 kilometer tidak dilakukan hingga akhir bulan Agustus ini, mereka akan melakukan pemblokiran dan mendatangi Dinas Binamarga Kabupaten Ciamis. (Ntang/R4/HR-Online)