Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita CiamisAbah Agus ; Pembangunan Ciamis Paling ‘Menonjol’ Era 1988-1993

Abah Agus ; Pembangunan Ciamis Paling ‘Menonjol’ Era 1988-1993

Abah Agus (61)

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sepanjang sejarah Kabupaten Ciamis berdiri, program pembangunan yang paling menonjol terjadi pada masa kepemimpinan tahun 1988-1993, atau pada saat Kabupaten Ciamis dipimpin oleh Bupati Ciamis ke 17, Kol. Inf. Bupati H. Taufik Hidayat.

Pada masa itu (1988-1993), sejumlah mega proyek diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. Diantaranya, pemindahan pusat keramaian (pasar, alun-alun, terminal dan lainnya), pembangunan sejumlah kantor dan instansi pemerintahan, pembangunan infrastruktur jalan dan pembebasan lahan.

“Saya sudah mengalami beberapa kali pergantian Bupati. Menurut saya, pembangunan paling menonjol terjadi pada masa kepemimpinan Bupati ke 17,” ungkap Abah Agus (61), Tokoh Ciamis, ketika ditemui HR, beberapa waktu lalu.

Abah Agus mengakui, pada saat mega proyek itu dilakukan, banyak benturan yang terjadi antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dan masyarakat. Kala itu, Pemkab Ciamis memang berupaya membuat perubahan besar terhadap wajah kota.

“Banyak sekali benturan waktu itu. Karena program pemerintah saat itu bertabrakan dengan keinginan masyarakat, bukannya kebutuhan masyarakat. Bedakan ya, antara want (keinginan) dan need (kebutuhan). Want itu hanya sebatas keinginan, sedangkan need itu kebutuhan, di dalamnya terdapat dasar analisa dan kajian,” katanya.

Diakui Abah Agus, banyak kalangan masyarakat yang terusik dan berujung emosional berkaitan dengan program pembangunan mega proyek yang diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis saat itu.

“Salah satunya saat program pelebaran jalan. Masyarakat berbondong-bondong datang ke kecamatan dengan emosional dan membawa golok. Begitupun ketika pemindahan pasar Ciamis. Tapi akhirnya kemarahan masyarakat bisa dikendalikan. Pemerintah berhasil membuat mereka mengerti tentang program pembangunan yang dilakukan saat itu,” katanya.

Faktanya saat ini, kata Abah Agus, keputusan Pemkab Ciamis era tahun 1988-1993, berkaitan dengan program pembangunan tersebut sudah banyak dirasakan manfaatnya. Meskipun di balik itu semua masih menyisakan sejumlah persoalan di masa sekarang. (deni/Koran-HR)