Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisApi Melalap Lembaran Karet, Rumah Warga Cisaga Ciamis Ludes Terbakar

Api Melalap Lembaran Karet, Rumah Warga Cisaga Ciamis Ludes Terbakar

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebuah rumah permanen milik Tedi, warga Dusun Sukahurip RT 01/RW 03 Desa Sukahurip, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, ludes terbakar dilalap ‘si jago merah’, Senin (13/10/2014), sekitar pukul 11.45 WIB.

Dari informasi yang dihimpun HR, api diduga berasal dari kayu bakar dan lembaran karet yang terbakar. Setelah membakar puluhan lembaran karet dan kayu kering yang disimpan di halaman rumah korban, tiba-tiba api menyambar atap rumah. Kontan saja, api terus merembat ke seluruh bangunan rumah hingga akhirnya ludes tak tersisa.

Pj Kepala Desa Sukahurip, Kustiawan, mengatakan, di daerah tersebut memang banyak usaha karet rakyat, termasuk Tedi yang rumahnya ludes terbakar. “ Dugaan sementara kebakaran ini diakibatkan dari lembaran karet dan kayu bakar kering yang disimpan di halaman rumah korban terbakar, hingga kemudian api menyambar atap rumah korban,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (13/10/2014).

Kustiawan menambahkan, kebakaran ini tidak sampai meluas ke rumah warga lainnya. Karena jarak antara rumah korban ke rumah tetangganya, tidak saling berdempetan. “ Kebetulan jaraknya berjauhan, hingga tidak merembet ke rumah warga lain,” imbuhnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Hanya, korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. “ Korban pun mengalami shok setelah rumahnya ludes terbakar,” ungkap Kustiawan.

Kebakaran pun akhirnya bisa diatasi setelah satu unit mobil pemadam kebakaran yang didatangkan dari Banjar dan dibantu warga setempat, berjibaku memadamkan api sekitar 2 jam. “ Pihak desa akan berupaya mengajukan bantuan ke pemerintah guna membantu meringankan beban korban. Karena kerugian akibat kebakaran ini ditaksir hingga puluhan juta rupiah dan menghanguskan seluruh harta benda korban,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)