Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita PangandaranBKMM Pangandaran Gelar Operasi Katarak Gratis

BKMM Pangandaran Gelar Operasi Katarak Gratis

Penderita katarak tengah bersiap untuk di operasi, di Puskesmas Pangandaran, Kamis (09/10/2014). Foto: Madlani/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM) Kabupaten Pangandaran yang difasilitasi olah BKMM Propinsi Jabar dan menggandeng Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, menggelar bhakti sosial operasi katarak gratis, di Puskesmas Pangandaran, Kamis (09/10/2014).

Ratusan masyarakat penderita katarak tampak mendatangi Puskesmas Pangandaran. Acara yang sudah direncanakan selama tiga bulan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Ketua BKMM Kabupaten Pangandaran, Neneng Heny Naffandy, mengatakan, operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan kerjasama antara BKMM dengan RS Cicenda dan didukung oleh Pemkab Pangandaran.

“BKMM yang menggagas dan membuat konsep acara ini. Sementara untuk Tim dokter dibantu oleh RS Cicendo. Kemudian Bagian Umum Setda menyediakan penginapan, Bagian Kesra menyediakan konsumsi dan Dinas Kesehatan membantu biaya operasional. Jadi kegiatan ini terselenggara berkat kebersamaan beberapa pihak,” jelas Neneng di sela-sela acara.

Menurut Neneng, dari 250 masyarakat yang mendaftar, hanya 75 orang yang bisa dilayani. Karena pihak rumah sakit hanya menyediakan untuk 75 orang.

“Jadi, tidak semua masyarakat yang mendaftar bisa dilayani. Kita mendahulukan penderita katarak yang kondisinya parah, yakni dengan ciri ada tanda titik putih di mata. Sementara sisanya, insyaallah tahun depan kita akan kembali menyelenggarakan kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Tini Supriatiningsih, mengatakan, operasi katarak ini memang tidak dipungut biaya apapun. Namun, untuk obat dan pendaftaran, masyarakat harus menanggung sendiri. “Operasinya saja yang gratis,” jelasnya. (Mad/R2/HR-Online)