Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisBPN Ciamis ; Urus Sertifikat Jangan Pakai Jasa Perantara!

BPN Ciamis ; Urus Sertifikat Jangan Pakai Jasa Perantara!

Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ciamis menghimbau masyarakat Ciamis untuk mengurus sendiri proses sertifikasi tanah. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan menekan biaya yang harus dikeluarkan. 

Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang enggan mengurus sendiri sertifikat tanah milik mereka dan menyerahkan urusan tersebut kepada pihak ketiga atau calo (perantara). Akibatnya biaya yang harus mereka keluarkan menjadi membengkak.

Kepala Seksi Pengukuran, Aan Rosmana, belum lama ini, mengungkapkan, mekanisme pengurusan proses sertifikasi tanah sebetulnya sudah jelas. Masyarakat yang ingin mengurus sertifikat harus datang sendiri ke BPN.

“Sebab, dengan datang sendiri masyarakat bisa mengetahui setiap biaya yang dikeluarkan, termasuk berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Tidak ada yang dipersulit. Bahkan bagi masyarakat kurang mampu yang ingin mengurus sertifikat tanahnya, tetap kita layani dan kita bantu melalui program Prona,” ungkapnya.

Aan menandaskan, pengurusan sertifikat tanah tanpa perantara atau calo memberikan banyak manfaat. Selain menekan biaya, masyarakat juga menjadi paham mengenai mekanisme atau cara pengurusan sertifikat sampai sertifikat itu diterbitkan.

Menurut Aan, upaya tersebut sengaja dilakukan untuk membuktikan kepada masyarakat Ciamis, bahwa sebenarnya biaya proses sertifikasi tanah tidaklah semahal yang dibicarakan oleh banyak orang.

“Yang justru membuat mahal adalah ketika masyarakat menggunakan jasa perantara,” katanya. (deni/Koran-HR)