Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Pelaku Penipuan Bermodus “Orang Pintar” Dibekuk Polisi

Di Banjar, Pelaku Penipuan Bermodus “Orang Pintar” Dibekuk Polisi

MF, pelaku penipuan dengan modus sebagai “orang pintar” berhasil diciduk jajaran Reskrim Polsek Langensari, Kota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jajaran Reskrim Polsek Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil membekuk seorang pelaku penipuan dengan modus menjadi “orang pintar.” Pelaku berinial MF (33), warga Lingkungan Sasagaran, RT.1/7, Kel. Bojong Kantong, Kec. Langensari, Kota Banjar, dibekuk polisi di rumahnya, Senin pekan lalu (20/10/2014), sekitar jam 12.00 WIB. Saat ditangkap, MF yang mengaku sebagai Habib Ahmad Ali itu tidak melakukan perlawanan terhadap petugas.

Sementara korbannya adalah Lin Sofiah (23), warga Lingkungan Margasari, RT. 3/6, Kel. Bojong Kantong, Kec. Langensari. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun HR Online, korban pada saat itu sedang patah hati karena ditinggal sang kekasih.

Kemudian, korban curhat kepada seorang temannya. Dari temannya itu lah korban dikenalkan kepada pelaku, karena memang si temannya itu sudah kenal dengan MF.

Singkat cerita, korban dan pelaku  sering kontak melalui telepon, hingga akhirnya MF menawarkan jasa untuk membantu permasalahan yang sedang mendera korban.

Kemudian, pada hari Jum’at (17/10/2014), MF meminta uang kepada korban untuk membeli persyaratan ritual. Saat itu korban pun memberi uang sebesar Rp.900 ribu. Pelaku menganggap korbannya itu banyak uang, lalu meminta lagi sebesar Rp.2,3 juta dengan dalih supaya ritualnya bisa lebih lancar.

Melihat gelagat mencurigakan, kemudian pelaku melaporkan kepda keluarganya yang berada di Jakarta, sampai akhirnya korban bersama pihak keluarganya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Langensari.

Setelah mendapat laporan, Jajaran Reskrim Polsek Langensari pada hari Senin (20/10/2014), sekitar jam 12.00 WIB, berhasil menangkap MF di rumahnya.

Kapolsek Langensari, AKP. Hasibin, SH., melalui Kanit Reskrim, Ipda. Hadi Winarso, S.Sos., saat ditemui HR Online, Kamis (30/10/2014), membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap seorang pelaku penipuan berinisal MF.

“Kini pelaku sudah ditahan di ruang tahanan Polsek Langensari. Pelaku dikenai pasal 378 dan 372 tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” kata Hasibin. (Hermanto/R3/HR-Online)