Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Ciamis, Rumah Seorang Nenek Tua Ludes Terbakar

Di Ciamis, Rumah Seorang Nenek Tua Ludes Terbakar

Kobaran api yang menghanguskan rumah semi permanen milik Enok (60), warga Dusun Ciporoan RT 14/RW 04 Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Selasa (07/10/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebuah rumah semi permanen milik seorang nenek tua bernama Enok (60), warga Dusun Ciporoan RT 14/RW 04 Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ludes terbakar diamuk si jago merah, Selasa (07/10/2014) sekitar pukul 19.30 WIB.

Diduga penyebab kebakaran berasal dari tungku dapur yang merambat ke sebuah kayu yang kemudian membakar seisi rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, saat terjadi kebakaran, puluhan warga sekitar tanpa dikomando berdatangan ke lokasi kebakaran. Mereka langsung berjibaku berusaha memadamkan api. Namun, seiring angin kencang di lokasi kejadian, api yang berkobar pun sulit dipadamkan.

Selain warga, petugas TNI serta kepolisian pun turut membantu memadamkan api. Proses pemadaman api pun berlangsung dramatis. Pasalnya, meski warga yang dibantu aparat jumlahnya puluhan orang, namun api sulit dipadamkan. Api baru bisa dipadamkan ketika bangunan dan seluruh isinya sudah ludes dilahap si jago merah.

Tidak ada Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) membantu memadamkan api. Dari catatan HR, setiap terjadi kebakaran di wilayah Pamarican ataupun Banjarsari, nyaris tanpa bantuan mobil Damkar. Akibatnya, seringkali bangunan rumah warga yang dilanda kebakaran akhirnya tak tertolong. Karena api bisa dipadamkan, setelah bangunan yang terbakar sudah ludes dilahap api.

“Warga sudah berusaha keras memadamkan api, tetapi tetap saja api tidak bisa dipadamkan,” kata Ipin, warga setempat, kepada HR, usai terjadi kebakaran.

Sementara itu, pemilik rumah Enok belum bisa dimintai keterangan. Si nenek malah pingsan saat mengetahui rumahnya ludes terbakar. Dan kini untuk sementara dia mengungsi ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Kapolsek Pamarican AKP Subagja membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, meski tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir sekitar Rp. 30 juta. (Ntang/R2/HR-Online)