Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita PangandaranEvent Jumbara di Pangandaran, Sebagai Penghargaan kepada Anggota PMI

Event Jumbara di Pangandaran, Sebagai Penghargaan kepada Anggota PMI

Peserta Event Jumbarna tingkat Provinsi Jabar tampak tengan mempersiapkan kegiatan, di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Peserta Event Jumbarna tingkat Provinsi Jabar tampak tengan mempersiapkan kegiatan, di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran. Foto: Madlani/HR
Peserta Event Jumbarna tingkat Provinsi Jabar tampak tengan mempersiapkan kegiatan, di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Pangandaran,(harapanrakyat.com),-

Event Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) dan Temu Karya PMI (Palang Merah Indonesia) tingkat Propinsi Jawa Barat yang digelar di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran, Minggu-Jum’at (12-17/10/2014), merupakan ajang silaturahmi kerelawanan dan evaluasi anggota PMI dalam menimba ilmu tentang kebencanaan maupun kerentanan sosial.

Hal itu dikatakan Ketua PMI Jawa Barat, Irjen Pol. Purn. Drs. H. Adang Rochjana, dalam sambutannya, Selasa (14/10/2014). Menurut dia, event ini digelar hanya satu kali dalam masa kepengurusan PMI tingkat provinsi. “ Event ini digelar sebagai bentuk penghargaan PMI terhadap semua anggota serta pengurus yang berkontribusi dalam kiprah pengembangan PMI sebagai mitra pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Adang, tujuan kegiatan ini pun untuk meningkatkan manajemen kepemimpinan PMI sebagai perwujudan pelayanan terhadap masyarakat, serta evaluasi membangun jejaring komunikasi, kordinasi dan kerjasama tentang pengalaman potensi yang dikemas dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan.

“Diharapkan dalam kegiatan ini bisa memperteguh sikap, tekad, semangat, disiplin dan tanggungjawab dalam pelayanan kepalangmerahan secara maksimal kepada masyarakat yang membutuhkannya,” pungkasnya.

Acara ini pun dihadiri oleh Asda III Pemprov Jabar Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ir Ahmad Hadadi. M.Si, Ketua DPRD Jabar, Perwakilan PMI Pusat Bidang Kemanusian, serta Bupati Kuningan, dan peserta sebanyak 1950 orang dan ditambah 150 orang sebagai panitia pelaksana kegiatannya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Pangandaran Mahmud, SH.,MH, mengatakan, meski sebagai tuan rumah, namun dalam kepanitian dipegang langsung oleh PMI Jabar dan PMI Pusat.

“Kegiatan ini adalah hajat PMI Propinsi dan Pusat. kami sebagai tuan rumah hanya diberi kewenangan sebagai panitia tambahan yang membaur dengan panitia Propinsi. Kami pun hanya menyediakan tempat serta potongan 20 % tiket masuk kawasan obyek wisata Pangandaran bagi peserta,” jelasnya.

Rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, kata Mahmud, diantaranya Sosialisasi Donor Darah Sukarelawan, Siaga Bencana, Promosi Layanan Kesehatan serta Upaya Pengurangan Segala Resiko terhadap layanan yang diberikan.

“Ada juga Pameran kontingen, Bazar, Penanaman Mangrove, Remaja Peduli Sesama, Forum PMR, Forum Relawan PMI, Pengalaman dan Informasi Antar Relawan serta Kegiatan Lokakarya Kewirausahaan Relawan,” ujarnya. (Mad/R2/HR-Online)