Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranHampir 99% Calon Peserta CPNS Pangandaran Kembalikan Persyaratan Fisik

Hampir 99% Calon Peserta CPNS Pangandaran Kembalikan Persyaratan Fisik

Kabag Kepegawaian Setda Kabupaten Pangandaran, Yayat Kiswayat

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabag Kepegawaian Setda Kabupaten Pangandaran, Yayat Kiswayat, mengatakan, dari 26 ribu calon peserta yang mendaftar secara online, hampir 99 persen mengembalikan berkas persyaratan fisik. Hal itu membuat Pemkab Pangandaran tercatat sebagai kabupaten/kota di Jawa Barat yang paling banyak jumlah calon peserta CPNS-nya.

Yayat menjelaskan, pendaftar online yang berjumlah sekitar 26 ribu lebih calon peserta hampir seluruhnya mengembalikan persyaratan bukti fisik, seperti ijasah pendidikan, KTP dan persyaratan lainnya. Jumlah itu, lanjut dia, di luar perkiraan sebelumnya. [Baca berita terkait: Jadwal Test CPNS Pangandaran Terancam Tidak Sesuai Target]

Seperti di kabupatan/kota lain, lanjut Yayat, jumlah pendaftar secara online dengan jumlah pengembalian bukti fisik ada perbedaan angka yang signifikan. Rata-rata, kata dia, hanya tiga perempat dari jumlah pendaftar online yang mengembalikan bukti fisik.

“Namun, untuk di Pangandaran berbeda, dari 26 ribu lebih pendaftar online, yang mengembalikan bukti fisik pun sama di angka 26 ribu. Paling hanya beberapa ratus saja yang tidak mengembalikan bukti fisik,” ungkapnya.

Bahkan, menurut Yayat, jumlah calon peserta yang mengembalikan persyaratan bukti fisik sebenarnya hampir mendekati jumlah pendaftar secara online. Namun, ada beberapa calon peserta yang mengirimkan bukti fisik melebihi tenggat waktu tanggal 24 September.

“ Yang cap posnya melebihi tanggal 24 September, tentunya tidak kami terima. Bahkan, sampai tanggal 30 September pun masih banyak yang mengirim persyaratan bukti fisik,” ujarnya.

Yayat pun mengatakan jumlah pendaftar CPNS Pangandaran tercatat paling banyak di Jawa Barat. Bahkan, bisa jadi terbanyak juga di seluruh Indonesia. “Pemkab Tasikmalaya hanya sekitar 5000 calon peserta. Sedangkan Pemkot Tasikmalaya hanya 2500 peserta. Mungkin untuk di Indonesia pun bisa jadi Kabupaten Pangandaran terbanyak jumlah pendaftar CPNS-nya,” ucapnya, kepada HR, Selasa (07/10/2014).

Yayat pun mengakui saat ini banyak calon peserta CPNS yang mendaftar ke Pemkab Pangandaran menanyakan soal jadwal pelaksanaan test. Terkadang, lanjut dia, banyak calon peserta yang belum mengetahui mekanisme dan teknis pelaksanaan CPNS tahun ini.

“Kita sudah menyediakan layanan informasi CPNS via website http://kepegsetdapangandaran.org. Apabila calon peserta butuh informasi tentang CPNS, tinggal klik saja website tersebut. Di website itupun tersedia layanan interaktif untuk memudahkan calon peserta menanyakan informasi seputar CPNS kepada kami,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)