Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita PangandaranJadwal Pelaksanaan Test CPNS Pangandaran Terancam Tidak Sesuai Target

Jadwal Pelaksanaan Test CPNS Pangandaran Terancam Tidak Sesuai Target

Foto: Ilustrasi

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Kabag Kepegawaian Setda Kabupaten Pangandaran, Yayat Kiswayat, mengungkapkan, seiring membludaknya jumlah pendaftar CPNS ke Pemkab Pangandaran hingga mencapai angka 26 ribu calon peserta, membuat pihaknya kelimpungan dalam melakukan verifikasi pemberkasan persyaratan administrasi.

Akibat hal itu, lanjut Yayat, membuat jadwal pelaksanaan CPNS yang ditargetkan bisa terlaksana bulan November terancam tidak sesuai target. Sebab, sebelum Kemenpan RB mengeluarkan jadwal pelaksanaan test CPNS, pihaknya harus menyerahkan hasil verifikasi pemberkasan calon peserta dan mempersiapkan tempat berikut alat perangkat komputer yang akan digunakan saat pelaksanaan test.

Yayat mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan kapan pelaksanaan test CPNS di Pemkab Pangandaran digelar. Pihaknya, lanjut dia, masih konsen membereskan verifikasi pemberkasaan calon peserta yang jumlahnya ribuan tersebut.

“Di saat jumlah SDM pegawai kami minim, harus dihadapkan memverifikasi berkas calon peserta yang jumlahnya sekitar 26 ribu. Kami pun akhirnya menarik pegawai dari bidang lain untuk dimintai bantuannya memverifikasi berkas,” ujarnya, kepada HR, Selasa (07/10/2014).

Menurut Yayat, berdasarkan peraturan Kemenpan RB, pelaksanaan CPNS tahun ini tidak dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Jadwal pelaksanaan CPNS, kata dia, ditentukan dari kesiapan masing-masing pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan pelaksanaan test.

Sebab, tambah Yayat, pada pelaksanaan test CPNS tahun ini tidak lagi menggunakan lembaran soal, tetapi test dilakukan secara online yang menggunakan perangkat komputer. “Kita saat ini tengah melakukan pengadaan 100 perangkat komputer untuk pelaksanaan test CPNS. Proses lelangnya saat ini tengah berjalan. Mudah-mudahan prosesnya bisa cepat selesai,” ujarnya.

Yayat menjelaskan, ketika pihaknya sudah menyelesaikan verifikasi pemberkasan administrasi calon peserta dan sudah selasai melakukan pengadaan 100 komputer, kemudian melaporkan kesiapan tersebut ke Kemenpan RB.

Setelah itu, kata Yayat, Kemenpan RB melakukan peninjauan lokasi ke Pangandaran untuk memastikan kesiapan Pemkab Pangandaran dalam menyelenggarakan pelaksanaan test CPNS. “ Nanti oleh tim dari Kemenpan kita akan dinilai apakah sudah siap melaksanakan pelaksanaaan test CPNS atau belum. Apabila penilaian dari Kemenpan kita dianggap sudah siap, baru akan turun jadwal pelaksanaan testnya,” terangnya.

Hingga Selasa (07/10/2014), menurut Yayat, pihaknya baru berhasil memverifikasi sekitar 10 ribu berkas adminstrasi calon peserta. Sementara 16 ribu berkas sisanya, ditargetkan selesai pada bulan Oktober ini. “ Mudah-mudahan pemberkasaan bulan ini selesai. Namun, kalau ingin menanyakan kapan pengadaan komputernya beres, coba tanya ke Bagian Umum. Karena kami tidak mengurus pengadaan komputer,” jelasnya. (Bgj/Koran-HR)