Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisLayani Kebutuhan Pertanian, Pembangunan Irigasi Teknis di Ciamis Dioptimalkan

Layani Kebutuhan Pertanian, Pembangunan Irigasi Teknis di Ciamis Dioptimalkan

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tahun 2014 ini, Bidang Pengendalian Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Binamarga, PSDA dan ESDM Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengoptimalkan pembangunan infrasturktur irigasi teknis yang tersebar di seluruh wilayah kewenangan kabupaten.

Hal itu ditujukan untuk pengoperasian, pemeliharaan dan rehabilitasi irigasi teknis, supaya distribusi air dari hulu ke hilir bisa mengalir dengan lancar. Dengan begitu, kebutuhan sektor pertanian, masyarakat petani, bisa terpenuhi.

Kabid PSDA Dinas Binamarga Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar, didampingi Kasie Irigasi, Aris Taufik A, pekan lalu, mengungkapkan, pihaknya memiliki kewenangan untuk mengelola sebanyak 13 irigasi teknis dan 283 irigasi semi teknis.

Aris mengatakan, pihaknya hanya berwenang mengelola irigasi yang bisa mengairi sawah di bawah 1000 hektar. Sedangkan diatas 1000 hektar, kewenangannya ada di Pemerintah Propinsi. Kemudian diatas 3000 hektar ada di Pemerintah Pusat.

Pada kesempatan itu, Aris juga menyebutkan daerah irigasi teknis yang digarap oleh pihaknya. Diantaranya, Daerah irigasi teknis Cipalih/ Nagawiru yang bersumber dari Sungai Cileueur dan Cipalih, lokasinya di Kecamatan Cijeungjing dan Ciamis.

Daerah irigasi teknis Danasari Kanan, Sungai Cimuntur, lokasinya di Kecamatan Baregbeg dan Cijeungjing. Daerah irigasi teknis Danasari Kiri, Sungai Cimuntur, lokasinya di wilayah Cisaga dan Sukadana.

Kemudian Daerah Irigasi Cimuncang I, Sungai Parakansaat, loasinya di Kecamatan Panumbangan dan Panjalu. Daerah irigasi Cimuncang II, Sungai Parakansaat, Panumbangan. Daerah irigasi Cimuncang III, Sungai Parakansaat, lokasinya di Panumbangan.

Selanjutnya, daerah irigasi Nanggela, Sungai Cimuntur, lokasinya meliputi Kecamatan Sukadana, Cipaku, Kawali dan Jatinagara. Daerah irigasi Jagabaya, Sungai Cigede, lokasinya di Kecamatan Panawangan.

Daerah Irigasi Cikelebut, Sungai Cirende, lokasinya meliputi wilayah Sukadana dan Cisaga. Daerah Irigasi Cikaso, Sungai Cikaso, lokasinya di Kecamatan Banjasari. Daerah irigasi Cibatukurung, Sungkai Cikawasen, lokasinya di Banjarsari. Daerah irigasi Citalahab, Sungai Citalahab, lokasinya Pamarican. Daerah irigasi Gunung Putri II, lokasinya di Pamarican.

Aris menambahkan, pembangunan irigasi teknis yang dikelolanya, dilakukan secara bertahap. Selain itu, dalam hal keirigasian, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak, meliputi BBWS Citanduy (Pusat), Balai Propinsi dan mitra cai yang ada di setiap desa.

“Anggaran pembangunan infrastruktur irigasi teknis untuk tahun 2014 ini mencapai Rp. 8 milyar,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)