Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranLewat P2WKSS, Pemkab Pangandaran Berupaya Tingkatkan SDM Masyarakat

Lewat P2WKSS, Pemkab Pangandaran Berupaya Tingkatkan SDM Masyarakat

Jajaran Dinas BP3AKB Provinsi saat meninjau program P2WKSS, di Dusun Cintasari, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (16/10/2014). Foto: Madlani/HR

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyatakan, program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Pangandaran. 

Asisten Daerah (Asda) II Pemda Pangandaran, Drs. Undang Sohbarudin, mengatakan, P2WKSS merupakan program terpadu peningkatan peran perempuan dengan pola pendekatan lintas bidang pembangunan. [Baca juga berita terkait: Realisasi P2WKSS, Prilaku Warga Parigi Pangandaran Berubah Positif]

“Program ini juga salah satu upaya pemerintah untuk meningkatakan SDM, dan dalam rangka mewujudkan keluarga sehat sejahtera,” jelasnya, saat acara peninjauan program P2WKSS, di Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (16/10/2014).

Menurut Undang, peran perempuan sebagai mitra sejajar pria, perlu ditingkatkan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang pembangunan di daerah.

Sementara itu, Sekretaris BP3AKB yang juga Ketua Tim Monitoring P2WKSS Provinsi Jabar, Nina, mengaku ingin melihat sampai sejauhmana perkembangan peran wanita di Pangandaran dalam mensejahterakan keluarganya. Setelah, program P2WKS berjalan selama satu tahun ini.

“Contohnya seperti peninjauan rumah warga yang awalnya kurang memenuhi syarat untuk dijadikan tipe rumah sehat, sekarang sesuai laporan dari tim penggerak PKK, sudah ada perubahan ke arah yang lebih baik. Juga di bidang pendidikannya,” ujarnya.

Menurut Nina, rumah sehat tidak harus rumah yang mewah atau gedong, tetapi rumah bilik pun bisa dibuat rumah sehat asalkan terdapat ventilasi udara dan jamban. (Mad/R4/HR-Online)