Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita PangandaranPangandaran Klaim Ronggeng Gunung Sebagai Seni Budaya Asli Daerahnya

Pangandaran Klaim Ronggeng Gunung Sebagai Seni Budaya Asli Daerahnya

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi bersama istri, tengah ikut menari Ronggeng Gunung, di sebuah acara seni budaya di Pangandaran, belum lama ini. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandy, mengatakan, jika ditelaah dari sejarah awal munculnya Ronggeng Gunung, jelas berasal dari Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, dan kemudian terus berkembang ke daerah lain di sekitarnya. Di 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran, lanjut dia, seni tari Ronggeng Gunung terus berkembang pesat hingga saat ini.

“Perkembangan Ronggeng Gunung pun sampai meluas ke daerah Banjarsari dan daerah lainnya di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya, kepada HR, Minggu (12/10/2014). [Baca berita terkait: Ciamis versus Pangandaran: Berebut Klaim Ronggeng Gunung]

Jika merunut dari sejarah awal mula munculnya Ronggeng Gunung yang dikisahkan oleh sejumlah ahli sejarah, kata Endjang, memastikan bahwa seni budaya itu adalah asli dari wilayah Pangandaran.

“Para seniman di Pangandaran juga akan merevitalisasi seni tari Ronggeng Gunung dengan menambah alat musik gamelan. Itu hanya modifikasi saja, agar Ronggeng Gunung lebih digemari masyarakat,” ujarnya. (Ntang/Koran-HR)