Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarPemkot Banjar Terapkan Penatausahaan Keuangan Berbasis Akrual

Pemkot Banjar Terapkan Penatausahaan Keuangan Berbasis Akrual

Bimtek Penatausahaan Keuangan Berbasis Akrual yang digelar BKPPD, di STIT Muhamaddiyah Kota Banjar, Senin (13/10/2014). Foto: Nanang Supendi/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk menciptakan tata kelola pemerintahan baik, tentu perlu didukung pengelolaan keuangan yang baik pula. Kuncinya adalah pengelolaan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, Jubaedah, disela sela Bimtek Penatausahaan Keuangan Berbasis Akrual yang digelar BKPPD, di STIT Muhamaddiyah Kota Banjar, Senin (13/10/2014).

“Bimtek ini, dilaksanakan dari tanggal 13 -24 Okt 2014 dan diikuti sekitar 80 orang dari bagian keuangan setiap OPD, sekolah, desa dan kelurahan di lingkungan Pemkot Banjar,” katanya.

Tujuannya, tambah dia, membekali para aparatur pengelola keuangan Pemkot Banjar agar memiliki pemahaman dan kemampuan teknis yang memadai mengenai sistem akuntansi pemerintahan daerah berbasis akrual.

“Sistem pengelolaan keuangan berbasis akrual akan dilakukan pada 2015 mendatang, jadi mau tidak mau bagian keuangan setiap OPD harus mampu menjalankannya,” tegasnya.

Dengan Bimtek ini juga, lanjut Jubaedah, setiap OPD agar mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan pemerintah, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban. (Nanang/R2/HR-Online)