Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisPencuri Kambing di Cisaga Ciamis Babak Belur Dihajar Massa

Pencuri Kambing di Cisaga Ciamis Babak Belur Dihajar Massa

Foto: Ilustrasi

Cisaga, (harapanrakyat.com),-

Komplotan pencuri kambing babak belur dihajar warga, di dusun Noong, Desa Sukahurip, Ke. Cisaga, Kab. Ciamis, Rabu, (22/10/2014).

Aksi komplotan tersebut sempat berusaha mengecoh warga dengan membakar gubuk dan saung sawah, untuk memuluskan aksi pencurian ternak warga setempat.

Dari kelima orang pencuri, empat diantaranya berhasil ditangkap warga diantaranya, Nan (19), EK (23), AG (24), dan Her (25). Satu orang pelaku sekaligus diduga otak dari komplotan tersebut Man alias Abah, belum berhasil tertangkap. Kompoltan tersebut tercatat sebagai warga Bandung.

Asep Rusnandang (45), pemilik kambing yang dicuri komplotan tersebut menuturkan kepada HR Online, saat itu kambingnya berada di kandang dan terdengar gaduh.

“Dikira mau melahrikan, karena ada satu yang bunting. Namun saat dilihat ke kandang, ternyata dari 12 ekor hanya ada 8 ekor,” tuturnya.

Setelah diperiksa, ternyata didekat kandang terlihat ada jejak kaki mengarah ke perkebunan karet. Asep pun segera memberitahu warga untuk mengejarnya.

“Dalam pengejaran ditemukan satu ekor kambing di kebun karet. Setelah dicari lagi, kami menemukan 3 ekor lainnya,” jelasnya.

Setelah menemukan semua kambing yang sempat raib dikandangnya, Asep kemudian menriaki komplotan tersebut. Tak berselang lama warga lainnya berdatangan dan mengepung lokasi tersebut.

Pengepungan berhasil menangkap satu orang pelaku, dan dihajar massa. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Beruntung petugas kepolisian segera datang ke lokasi kejadian dan mengamankan pelaku.

Rasa penasaran warga atas tertangkapnya satu orang pelaku, akhirnya mereka menyusuri perkebunan karet. Selang beberapa jam, petugas Polsek Cisaga berhasil membekuk 3 kawanan lainnya.

Ketiganya ditemukan di daerah Batu Bangkong, Desa Bangunharja. Dan petugas segera mengamankan ketiganya menghindari amukan massa.

Salah seorang warga, Toni (28), mengaku kesal dengan ulah mereka. Kemungkinan pelaku sudah sering melakukan aksinya, karena warga sering kali kehilangan hewan ternak.

Keempat pencuri kambing itu, kini mendekam di tahanan Polsek Cisaga guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Hermanto/R1/HR-Online)