Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPoktan di Pamarican Ciamis Diminta Tingkatkan Produktifitas

Poktan di Pamarican Ciamis Diminta Tingkatkan Produktifitas

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Anggota kelompok pertanian, perikanan dan kehutanan di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, diminta untuk meningkatkan produktifitas di tahun 2015 mendatang. Hal itu terungkap dalam acara pertemuan yang digelar Badan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Pamarican, belum lama ini.

Kepala BP3K Pamarican, Sahman, TS.,Amd, mengungkapkan, melalui acara penyusunan program tahun 2015 ini, dapat menjadi motivasi bagi semua anggota kelompok, meliputi kelompok pertanian, kelompok perikanan dan kelompok perikanan.

Sahman menilai, buat apa jumlah penyuluh ditambah banyak, seandainya penyuluh tersebut justru tidak memiliki agenda kegiatan. Selain itu, kelompok dan penyuluh harus selalu berdampingan, jangan sampai ada jurang pemisah.

“Sebab, bila hal itu terjadi, produktifitas kelompok begitu juga penyuluh akan terhambat,” katanya.

Perwakilan dari BP4KKP Kabupaten Ciamis, H. Ruslan, beserta jajarannya, turut hadir dalam acara tersebut. Sementara itu, H. Ruslan berharap, melalui peningkatan produktiftas, kesejahteraan kelompok akan terdongkrak.

“Begitupun penyuluh, mereka jadi punya kerjaan. Buat apa banyak penyuluh, kalau mereka tidak punya kegiatan,” ucapnya.

Rahlan juga menginstruksikan kepada penyuluh untuk rajin terjun ke lapangan, memberikan penyuluhan dan wawasan kepada anggota kelompok pertanian, perikanan dan kehutanan. Upaya itu untuk menjaring keinginan dan kesulitan yang dialami anggota kelompok. (Andri/Koran-HR)