Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPoktan Sri Mukti Lakbok Ciamis Kembangkan Program KBR

Poktan Sri Mukti Lakbok Ciamis Kembangkan Program KBR

Anggota Poktan Sri Mukti, Dusun Sukamukti, Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, saat melakukan aktifitas. Photo : Andri S Hamara/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Tani Sri Mukti yang beralamat di Blok Puloawi, Dusun Sukamukti, Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, terus berupaya mengembangkan program Kebun Bibit Rakyat (KBR). Pada tahun ini, kelompok mendapat bantuan bibit dari DAS/SUB-DAS Provinsi tahun anggaran 2014. Diantaranya albasia 29.000 batang, petai 1.000 batang dan gmelina 10.000 batang. Bibit tersebut akan ditanam di lahan seluas 0,1 hektar.

Ketua Kelompok Tani Sri Mukti, Atot Sutopo, Selasa (30/9/2014), mengaku ingin melakukan penghijauan di wilayah Kecamatan Lakbok, khususnya di daerah tempat tinggalnya. Apalagi menurut dia iklim atau cuaca akhir-akhir ini terasa sangat panas.

Atot mengungkapkan, dirinya bersama rekan-rekannya yang lain merasa terpanggil. Untuk itu, pihaknya mencoba mengembangkan KBR, khusus jenis kayu. Dia memandang penghijauan perlu dilakukan di wilayah Kecamatan Lakbok. Terlebih, pohon kayu memiliki peran penyerap air dan pengatur siklus udara.

Lebih lanjut, Atot menambahkan, bibit tersebut dibagikan kepada kelompok dan warga untuk ditanam di lahan masing-masing, dengan syaratnya mempunyai lahan. Dia juga meminta bantuan bibit yang dibagikan itu tidak diperjualbelikan.

Tim pengawas kehutanan, Yoyo Sukaryo, Sp, mengaku sangat menyambut baik kemauan Kelompok Tani Srimukti. Dia berharap, upaya tersebut menjadi contoh bagi kelompok-kelompok yang lainnya. Menurut dia, kelompok tani tidak harus terfokus pada tanaman padi dan palawija saja, tapi dituntut bisa mengembangkan jenis tanaman lain.

Pada kesempatan itu, pengurus Kelompok Tani Sri Mukti, Tarjo Rahorjo, mengaku bangga dengan adanya kegiatan atau program KBR tersebut. baginya, hal ini merupakan kegiatan baik dan mulia.

“Karena secara tidak langsung, kami juga ikut terlibat memajukan program yang penghijauan atau penanaman pohon yang selama ini digembar-gemborkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (Andri/Koran-HR/Advetorial)