Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPuskesmas Ciawitali Purwadadi Ciamis Minim Fasilitas

Puskesmas Ciawitali Purwadadi Ciamis Minim Fasilitas

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Fasiltas sarana dan prasarana Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Ciawitali, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbilang masih minim. Padahal, saat ini PKM sangat berperan dalam melakukan penanganan pertama terhadap pasien yang sakit.  

Kepala Puskesmas, Ciawitali, Hari Ramdani, S.Kep., Selasa (30/9/2014), mengatakan, kekurangan PKM Ciawitali meliputi bangunan, seperti ruang pasien rawat inap, ruang pemeriksaan, ruang laboratorium, dan ruang obat-obatan.

“Selain itu, PKM Ciawitali juga kekurangan alat-alat medis, tenaga perawat, dokter, dan alat penunjang lainnya,” katanya Hari.

Diakui Hari, pihaknya sampai saat ini belum memiliki dokter dan tenaga perawat gigi. Sedangkan bangunan yang adapun, memerlukan perbaikan. Fasilitas ruangan yang masih tersedia, sudah tidak sesuai dengan kebutuhan penanganan pasien.

Karena PKM erat hubungannya dengan pengobatan, penanganan pasien bahkan nyawa pasien, Hari berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis mengabulkan semua fasilitas, sarana dan prasaran penunjang yang dibutuhkan PKM Ciawitali.

Kepala Dusun Ciawitali, Tuyan Kristia, Selasa (29/9/2014), membenarkan keadaan PKM Ciawitali yang masih minim fasilitas. Menurut dia, kondisi bangunan PKM Ciawitali yang sudah tidak layak sebagai sebuah pusat penanganan kesehatan masyarakat. (Andri/Koran-HR)