Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisRamai Wisatawan, Objek Wisata Curug Tujuh Panjalu Ciamis Butuh Penataan

Ramai Wisatawan, Objek Wisata Curug Tujuh Panjalu Ciamis Butuh Penataan

Sejumlah wisatawan tampak memenuhi areal objek wisata Curug Tujuh, di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Photo : Eli Suherli/ HR

Sejumlah wisatawan tampak memenuhi areal objek wisata Curug Tujuh, di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Photo : Eli Suherli/ HR
Sejumlah wisatawan tampak memenuhi areal objek wisata Curug Tujuh, di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Photo : Eli Suherli/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Objek wisata Cibolang Curug Tujuh, di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, merupakan salah satu tempat yang hingga kini masih ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi bila di hari libur dan akhir pekan. Meski jarak tempuh menuju lokasi Curug dari mulai pintu masuk sangatlah jauh, namun tidak menyurutkan wisatawan yang ingin mengetahui lokasi curug. Mereka rela melakukan perjalanan yang menanjak dan melelahkan.

“Jika musim libur Sabtu dan Minggu, biasanya banyak wisatawan lokal yang mengunjungi Curug Tujuh. Kebanyakan hanya sampai di Curug pertama. Sebab menuju curug lainnya harus melewati perjalanan jauh,” ungkap Dede, pedagang di lokasi Curug pertama, Minggu (5/10/2014).

Dede menuturkan, tidak hanya pengunjung lokal yang datang, beberapa minggu kebelakang ada juga wisatawan asing yang mengunjungi kawasan Curug Tujuh. Bahkan jika malam minggu, banyak pengunjung yang melakukan camping (berkemah).

Susan, wisatawan asal Bandung, mengaku, dirinya bersama keluarga baru pertama kali mengunjungi objek wisata Curug Tujuh dan memang lokasi ini cukup indah bila dikunjungi. “Kami kagum keindahan curug di objek ini. membuat kami rasa nyaman, jauh dari polusi. Apalagi saat berendam,” ungkapnya.

Kepada HR, Susan mengungkapkan, untuk sampai ke curug pertama saja harus bersusah payah melawan rasa capek. Sebab menuju lokasi tidak mudah meski sudah ada jalan karena posisi jalan terus menanjak. Sesampainya di lokasi, rasa lelah dan cape hilang.

Susan mengetahui objek wisata Curug Tujuh dari situs wisata di internet. Kemduian mencoba mencari tahu dari sodara yang ada di Kabupaten Ciamis, dan memintanya untuk mengantar. “Setelah sampai disini, memang panorama alam curug tujuh luar bisa,” ucapnya.

Erna Sulistia, wisatawan asal Majalengka, mengaku, meski bukan untuk pertama kalinya, dia tidak bosan mengunjungi objek wisata curug tujuh. Malahan, setiap kali liburan, dia dan teman kulihanya selalu menyempatkan untuk datang ke kawasan ini.

Oih Burhanudin, Anggota DPRD Ciamis, Selasa (6/10/2014), menyayangkan, apabila keberadaan Objek Wisata Curug Tujuh tersebut dibiarkan tanpa ada penataan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis. Dia menilai, Curug Tujuh merupakan aset yang sangat berharga.

“Meski pengelolaan masih oleh Perhutani dan desa setempat, alangkah baiknya apabila Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwasata pun ikut memberikan perhatian agar keberadaan Curug Tujuh menjadi salah satu objek wisata kebanggan Ciamis,” tandasnya.

Humas Perhutani, Andri Harimawan, membenarkan, Objek Wisata Curug Tujuh masih dikelola oleh Perhutani. Namun demikian, pihaknya tidak menutup akses bagi Pemkab Ciamis untuk melakukan penataan, bahkan mengelolanya.

“Kami juga berharap Pemkab Ciamis memberikan perhatian terhadap keberadaan Curug Tujuh, agar objek wisata ini bisa lebih dikenal lagi oleh semua kalangan,” katanya. (es/Koran-HR)