Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranRealisasi P2WKSS, Prilaku Warga Parigi Pangandaran Berubah Positif

Realisasi P2WKSS, Prilaku Warga Parigi Pangandaran Berubah Positif

Jajaran Dinas BP3AKB Provinsi saat meninjau program P2WKSS, di Dusun Cintasari, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (16/10/2014). Foto: Madlani/HR

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Evaluasi hasil penilaian pertama program kegiatan Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), di Dusun Cintasari, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, sepanjang April hingga Oktober 2014, menyebutkan adanya peningkatan.

Penilaian itupun menyatakan adanya perubahan positif prilaku dari kalangan masyarakat setempat. Padahal, awalnya Dusun Cintasari dianggap sebagai daerah yang sulit dijangkau, serta perilaku penduduknya pun dinilai jauh dari pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), BP3APK2BPMPD Kabupaten Pangandaran, Drs. Heri Gustari, MSi, Kamis (16/102014), mengatakan, terkait kegiatan evaluasi, ada 4 golongan yang menjadi bahan penilaian Dinas BP3AKB Provinsi, yakni golongan umum, kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” jelasnya.

Menurut Heri, kunjungan lapangan itu intinya adalah untuk melihat atau mengevaluasi sikap dan prilaku masyarakat di Dusun Cintasari, yang dimotori oleh kaum perempuan.

“Khususnya kualitas dan SDM kaum perempuan sebagai motor penggerak kreasi, keterampilan, kemampuan untuk mensejahterakan keluarga dan perannya dalam pembangunan,” ungkap Heri.

Heri berharap kaum perempuan di Pangandaran bisa berperan dan memberikan kontribusi, serta semakin berkiprah dalam agenda pembangunan daerahnya. (Mad/R4/HR-Online)