Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita PangandaranRealisasi Prona 2014, Pangandaran Dapat Jatah 600 Bidang

Realisasi Prona 2014, Pangandaran Dapat Jatah 600 Bidang

Acara serah terima sertifikat Prona di Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang. Photo : Madlani/ HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Pada realisasi Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) tahun 2014 ini, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mendapat jatah sebanyak 600 bidang, dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Hal itu terungkap dalam acara serah terima sertifikat Prona, yang diselenggarakan di Aula Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Selasa (30/9/2014).

Dalam acara yang dihadiri Penjabat Bupati Pangandaran, DR. Drs. H. Endjang Naffandy, M.Si, BPN menyerahkan secara simbolis sebanyak 100 bidang/ sertifikat kepada warga Karangsari.

Kepala BPN Ciamis, Riswan Suhendi, SH, mengatakan, pada tahun 2014 ini BPN mempunyai target 2200 bidang sertifikat. 600 bidang diantaranya untuk Kabupaten Pangandaran.

Riswan menghimbau agar sertifikat yang sudah diterima oleh masyarakat itu dirawat dan dijaga. Dan bila ingin lebih aman, dia menyarankan agar sertifikat itu ‘disekolahkan’ di perbankan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pangandaran, DR. Drs. H. Endjang Naffandy, M.Si, mengatakan, sertifikat Prona ini merupakan bukti dan dokumen yang resmi dan secara gratis dibagikan kepada masyarakat.

“Sertifikat sesuai atas nama dan bukan untuk diwakilkan. Sebaiknya dijaga dan dirawat supaya tidak rusak. Bila perlu dititipkan ke bank, untuk menambah modal usaha. Jangan malah dibelikan untuk peralatan elektronik,” ujarnya.

Penerima Sertifikat Prona, Ade Daryati, warga Cipicung RT 11 RW 06, Desa Karangsari, mengaku bahagia karena tanah miliknya sudah memiliki sertifikat. Apalagi dirinya tidak perlu mengurusi permohonan sertifikat ke BPN dan tidak mengeluarkan biaya besar. (Mad/Koran-HR)