Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisSanksi Komdis Kontroversi, PSGC Ciamis akan Mengadu ke Ketua PSSI

Sanksi Komdis Kontroversi, PSGC Ciamis akan Mengadu ke Ketua PSSI

Manajer PSGC Ciamis, H. Herdiat

Manajer PSGC Ciamis, H. Herdiat. Foto: Eli Suherli/HR
Manajer PSGC Ciamis, H. Herdiat. Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Manajer PSGC Ciamis, H. Herdiat, menegaskan, pihaknya akan segera mengirim surat protes yang dikirim ke Ketum Umum PSSI, Djohar Arifin Husen, menyusul sanksi yang dinilai kontroversi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kepada PSGC Ciamis.

Menurut Herdiat, alasan Komdis PSSI menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp. 25 juta dan sanksi larangan pertandingan disaksikan penonton saat PSGC melawan PSIS Semarang, diduga syarat rekayasa karena tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Yang paling mencolok, lanjut Heridat, tuduhan Komdis yang menyebut suporter Ciamis sebagai biang keributan saat terjadi kericuhan pada laga PSGC kontra Persis Solo, pada babak 16 besar Divisi Utama, di Stadion Galuh Ciamis, beberapa waktu lalu.

“Sanksi berturut-turut yang dijatuhkan kepada PSGC selalu subyektif dan tendisius. Akibatnya, banyak merugikan PSGC yang saat ini tengah berjuang agar bisa lolos di babak 8 besar,” katanya, saat menggelar konferensi pers, di Stadion Galuh Ciamis, Jum’at (10/10/2014).

Herdiat mengatakan, saat diundang oleh Komdis PSSI pun, Panpel PSGC tidak diberi kesempatan untuk memberikan klarifikasi terhadap tuduhan yang berakibat sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI. Padahal, pada surat undangan Komdis PSSI, dengan jelas menyebut Panpel PSGC diundang ke Kantor PSSI Jakarta untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait kericuhan saat laga melawan Persis Solo.

Surat undangan dari Komdis PSSI yang dikirim ke Panpel PSGC Ciamis untuk dimintai keterangannya terkait kericuhan saat laga PSGC kontra Persis Solo, di Stadion Galuh Ciamis, Selasa (16/09/2014). Foto: Subagja Hamara/HR
Surat undangan dari Komdis PSSI yang dikirim ke Panpel PSGC Ciamis untuk dimintai keterangannya terkait kericuhan saat laga PSGC kontra Persis Solo, di Stadion Galuh Ciamis, Selasa (16/09/2014). Foto: Subagja Hamara/HR

“Kejanggalan lain, yakni laporan Pengawas Pertandingan (PP) yang dilaporkan ke Komdis berbeda dengan alasan hukuman sanksi Komdis yang dijatuhkan kepada PSGC. Dalam laporan PP, menyebut bahwa pihak yang memulai kericuhan adalah suporter Persis Solo. Tetapi, dalam alasan sanksi Komdis malah jadi terbalik bahwa suporter Ciamis-lah yang memulai kericuhan. Ini jelas aneh,” tegasnya dengan nada bicara tinggi.

Selain itu, lanjut Herdiat, sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI terhadap 4 pemain PSGC pun syarat kontroversi. Karena banyak pemain klub lain yang melakukan aksi protes terhadap wasit yang dilakukan secara berlebih, malah lolos tidak mendapat sanksi.

“Paling banter hanya disanksi larangan 1 pertandingan. Tetapi, kenapa sanksi yang dijatuhkan terhadap pemain PSGC sampai satu tahun dilarang bermain di kompetisi PSSI. Jelas ini sudah tidak ada keadilan,” tegasnya lagi.

Melihat sanksi yang penuh kontroversi tersebut, lanjut Herdiat, pihaknya akan menempuh upaya keadilan dengan melaporkan sanksi yang tidak adil ini kepada Ketua Umum PSSI dan Ketua Pengda PSSI Jabar.

“Mungkin langkah itu upaya terakhir untuk mencari keadilan. Apakah nanti surat kami ditanggapi atau tidak oleh Ketua PSSI, itu terserah. Yang pasti, kami masih percaya Ketua PSSI bisa menilai dan memandang kasus ini secara arif dan bijaksana,” katanya.

Namun demikian, lanjut Herdiat, apabila upaya terakhir tetap mentok, dirinya orang pertama yang akan mundur dari kepengurusan manajemen PSGC.

“Kalau upaya kami tetap saja tidak didengar oleh Ketua PSSI, berarti sudah tidak ada lagi keadilan di PSSI. Kalau begitu, sampai kapan pun sepakbola Indonesia tidak akan maju. Jadi, buat apa saya masih bertahan ikut memajukan sepakbola Indonesia lewat PSGC kalau kondisinya seperti ini,” pungkasnya. (DSW/Bgj/R2/HR-Online)

Berita Terkait:

PSSI Jatuhkan Sanksi, Laga PSGC Ciamis Kontra PSIS Digelar Tanpa Penonton

Tak Hanya Laga Tanpa Penonton, Penpel PSGC Ciamis Didenda Rp. 25 juta

Jika di Ciamis Kembali Rusuh, Sanksi ‘Usiran’ akan Dijatuhkan Kepada PSGC

PSGC Ciamis: Saat Sidang Komdis PSSI, Kami tidak Diberi Hak Pembelaan

Komdis PSSI Menuduh Suporter PSGC Ciamis yang Mulai Berbuat Rusuh