Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisSDN 3 Kertasari Ciamis, Sulap Limbah Plastik Jadi Produk Bernilai

SDN 3 Kertasari Ciamis, Sulap Limbah Plastik Jadi Produk Bernilai

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Limbah selalu menjadi masalah pelik bagi kalangan masyarakat. Apalagi jika limbah itu adalah limbah berbahan plastik. Karena sifatnya sulit terurai, sehingga menjadi momok bagi lingkungan hidup.

Tapi kini, ada cara unik dan kreatif untuk mengolah sampah plastik (trash) menjadi barang yang berguna, bahkan bisa dijadikan produk untuk gaya (fashion). Siapa sangka, plastik kemasan pembungkus sabun cair, botol aqua, cairan pewangi, dan lainnya dapat disulap menjadi aneka macam hiasan seperti bunga, tas, gantungan kunci dan lain lain.

Kepala SDN 3 Kertasari, Hj. Eni Sumarni, S.Pd, ketika ditemui HR, diruang kerjanya, Senin (29/9/2014), mengatakan, pihaknya memanfaatkan sampah berbahan plastik untuk dijadikan bahan pembuatan kerajinan tangan.

“Kami memanfaatkan limbah plastik untuk kerajinan atau barang yang memiliki nilai jual atau nilai ekonomis,” ungkapnya.

Eni mengaku, pihaknya berhasil mengurangi pemakaian plastik di sekolah. Namun hal itu ternyata tidak berlangsung cepat, karena di dalamnya terdapat proses panjang dalam mempengaruhi dan mengajak warga sekolah untuk tidak menggunakan plastik.

Setiap upacara hari Senin, sekolah selalu menghimbau siswa dan guru guru agar mengurangi pemakaian sampah anorganik. Apabila sampah plastik masih ada, sekolah berupaya untuk memanfaatkannya menjadi kerajinan atau barang yang bisa digunakan kembali.

Eni menjelaskan, banyak cara yang dilakukan pihaknya untuk mengurangi limbah plastik. Diantaranya dengan membantu siswa mengekspresikan kreasi, membuat kerajinan berbahan limbah kertas atau plastik.

“Perlu sedikit sentuhan kreasi yang unik agar limbah plastik dapat menjadi lebih bernilai. Kreasi yang bisa dibikin dari plastik bekas ini, mulai dari tas, dompet, tempat minum plastik, bunga pelastik, dan yang lainnya,” pungkasnya. (heri/Koran-HR)