Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarSehat Lingkungan, Cipta Karya Banjar Bangun MCK Plus

Sehat Lingkungan, Cipta Karya Banjar Bangun MCK Plus

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya penyehatan lingkungan pemukiman padat kumuh dan miskin di wilayah Kota Banjar, Pemkot Banjar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014, melaksanakan kegiatan pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) Plus pada program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM), yang dikerjakan di 12 titik, tersebar di empat kecamatan.

Kepala Bidang Cipta Karya Dina Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, David Abdillah, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara swakelola dari dan oleh masyarakat.

Karena program tersebut merupakan kebutuhan masyarakat berupa penyehatan lingkungan, maka pelaksanaannya melibatkan masyarakat secara langsung melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

“Seperti tahun sebelumnya, program kegiatan ini dilaksanakan di empat kecamatan. Dan, di tahun ini kita mendapatkan DAK untuk 12 titik. Lokasi yang dipilih yaitu desa yang dianggap sebagai wilayah kawasan padat penduduk, dan merupakan kawasan warga miskin,” kata David, kepada HR, Senin (13/10/2014).

Besarnya anggaran pembangunan MCK Plus dalam program SLBM di Kota Banjar, pertitiknya mencapai Rp.125 juta. Sampai sekarang pembangunannya sudah dikerjakan 30 persen.

David juga menyebutkan, unit MCK Plus berkapasitas 100 sampai 200 KK, memiliki keunggulan khusus terdiri dari 4 kamar mandi, 4 unit kakus. “Sebelumnya, kami telah melakukan pelatihan KSM bagi mandor atau pengawas dan tukang yang terlibat dalam pengerjaan MCK Plus. Dalam pelatihan itu, ada yang didanai dari APBD kota dan provinsi,” pungkasnya. (Nanang S/Koran-HR)