Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarTim Provinsi Lakukan Penilaian Bhakti TNI KB Kes Terpadu di Banjar

Tim Provinsi Lakukan Penilaian Bhakti TNI KB Kes Terpadu di Banjar

Penilaian Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu digelar di Koramil 1325 Langensari, Kota Banjar.Photo: Nanang Supendi/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pelaksanaan Bhakti TNI KBKesehatan Terpadu dinilai sangat penting dalam upaya menahan laju pertumbuhan penduduk, ditengah tingginya angka wanita melahirkan. Dengan adanya kegiatan tersebut, target Pemkot Banjar, Prov. Jabar, dalam upaya menurunkan angka wanita melahirkan bisa tercapai sesuai yang dicanangkan, dan laju penduduk bisa terkendali.

Hal itu disampaikan Kabid. KB Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Banjar, Yuyu Yuniarsih, SE., disela-sela kegiatan penilaian Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu 2014, di Koramil 1325 Langensari Kota Banjar, Kamis (16/10/2014).

“Koramil 1325 Langensari Kota Banjar, mendapat kepercayaan dari Kodim 0613 Ciamis yang dianggap berhasil melaksanakan program KB di wilayahnya, untuk dinilai oleh tim dari Provinsi Jabar,” katanya.

Bhakti TNI KB Kes Terpadu, lanjut Yuyu, punya daya ungkit yang luar biasa terhadap perolehan akseptor dan keberhasilan KB. Dengan dikerahkannya anggota Koramil di setiap kecamatan untuk mencari akseptor, sekaligus mensosialisasikan program KB, maka target pemerintah dalam upaya mengendalikan jumlah penduduk bisa berhasil.

Sementara itu, Danramil 1325 Langensari, Kapten Infanteri. Suwanto, mengatakan, program KB yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI merupakan kebijakan yang harus terus dilaksanakan dengan baik, karena merupakan bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat.

“Program Bakti Sosial TNI KBKesehatan ini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab TNI yang bersinergi dengan  Dinas Kesehatan, BPPKB dan pemerintah daerah, serta keberhasilannya sangat ditentukan oleh partisipasi seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya berharap, terlaksananya program Bhakti TNI KB Kes Terpadu mampu menggerakan dan meningkatkan partisipasi, baik dari unsur instansi pemerintah, tokoh masyarakat dan agama. Sehingga, upaya menekan laju penduduk di Kota Banjar berhasil.

“Mari kita sukseskan program Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu ini, agar kedepannya masyarakat Kota Banjar dapat lebih sejahtera,” punkas Suwanto. (Nanang/R3/HR-Online)