Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTugu Perbatasan Ciamis-Pangandaran Mulai Dibangun

Tugu Perbatasan Ciamis-Pangandaran Mulai Dibangun

Para pekerja bangunan tampak tengah bekerja membangun tugu perbatasan di Dusun Ciulu, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tugu perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran sedang dibangun, tepatnya di wilayah Dusun Ciulu, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Pembangunan tugu itu menelan biaya sekitar Rp.  470.545.000, dari anggaran Pemerintah Propinsi Jawa Barat.

Kepala Desa Ciulu, Drs. Ramli, Senin (29/9/2014), mengatakan, pembangunan tugu perbatasan dilakukan oleh CV. Puncak Asih dan disubkan kembali ke CV. Sodara.
Diakui Ramli, pembangunan tugu perbatasan tersebut pada awalnya mendapat kendala, lantaran harga bidang tanah yang dijual masyarakat dan penawaran yang disampaikan pemerintah tidak mendapat titik temu.

Namun, setelah dilaksanakan kegiatan sosialisasi yang difasilitasi Pemerintah Desa Ciulu, kedua belah pihak, meliputi para pemilik tanah dan Pemkab Ciamis, berhasil membuat satu kesepakatan harga.

Pada kesempatan itu, Ramli berharap, pelaksanaan semua agenda pembangunan di wilayahnya, melibatkan tenaga pekerja atau warga dari lingkungan setempat.

“Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat, sekaligus untuk mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Ramli menambahkan, di wilayah Banjarsari banyak sekali tenaga pekerja bangunan yang bisa diberdayakan untuk program pembangunan pemerintah. Keterlibatan warga sekitar dalam hal itu juga untuk menghindari adanya kecemburuan sosial di tengah masyarakat. (Ntang/Koran-HR)