Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisUU Desa Diberlakukan, Pemkab Ciamis Siapkan OPD Baru

UU Desa Diberlakukan, Pemkab Ciamis Siapkan OPD Baru

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Seiring dengan diberlakukannya Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Ciamis menyiapkan lembaga teknis baru atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setingkat Badan sebagai penunjang kinerja.

Kabag Organisasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Drs. Heri Budi Susanto, Jum’at (24/10/2014), membenarkan hal itu. Menurut dia, Bidang Pemerintahan Desa dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang saat ini masih berada di BKBPMPD, akan menjadi lembaga tersendiri.

“Dua bidang ini akan dijadikan satu Badan, Badan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. Peraturan Daerah (Perda) soal ini sudah ada. Dan rencananya mulai aktif tahun 2015, dan paling lambat 2016,” kata Heri.

Menurut Heri, salah satu alasan untuk pembentukan Badan tersebut, diantaranya untuk menunjang kinerja dan pengurusan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemerintahan desa, atau berkaitan dengan diberlakukannya UU Desa.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Ciamis, H. Tatang, S.Ag, Selasa (28/10/2014), mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mempersiapkan personil yang akan ditempatkan di lembaga baru, Badan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Mekanismenya, harus dibentuk dulu Panitia Seleksi (Pansel) untuk menjaring pegawai yang akan bekerja di lembaga tersebut,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)