Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita Ciamis 11 Tahun Koran HR, Ini Kata Bupati, Ketua DPRD, Akademisi Ciamis...

11 Tahun Koran HR, Ini Kata Bupati, Ketua DPRD, Akademisi Ciamis dan Lainnya

 Tampilan sejumlah edisi Koran HR. Foto: Desain HR

Tampilan sejumlah edisi Koran HR. Foto: Desain HR
Tampilan sejumlah edisi Koran HR. Foto: Desain HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tanggal 10 November 2014, koran Harapan Rakyat (HR) menginjak usia 11 tahun. Dihari jadinya itu, berbagai kalangan menanggapi keberadaan koran mingguan lokal yang kini tetap eksis dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin ;

Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada Koran HR yang ke- 11. Meskipun usianya masih terbilang muda, namun Koran HR sudah mampu menjadi referensi dan barometer informasi khususnya di Kabupaten Ciamis. Saya juga mengamati dan mengakui banyak pemberitaan-pemberitaan di Koran HR yang telah membantu Kami dalam penyebarluasan informasi mengenai program pembangunan kepada Masyarakat Kabupaten Ciamis.

Selain itu, dari segi pemberitannya pun Koran HR sudah memiliki ciri khasnya tersendiri, terlebih penyajiannya kami nilai sudah memenuhi standar media massa yang memberikan pendidikan dan pencerahan kepada masyarakat.

Dengan begitu, kerjasama yang sudah terjalin selama ini, kedepannya agar lebih ditingkatkan. Kami berharap kepada seluruh media massa, termasuk Koran HR, bisa terus bersama-sama dengan Kami memberikan yang terbaik untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Ciamis.

Sementara saran kami, Koran HR sebagai media massa yang sudah menjadi referensi masyarakan Kabupaten Ciamis, untuk terus menjaga independensi dan keobjektifan dalam setiap menyajikan pemberitaan. Itu penting dilakukan, agar Koran HR benar-benar menjadi media massa milik publik, khususnya masyarakat Ciamis. Sekali lagi saya ucapakan selamat ulang tahun, semoga Koran HR terus mendapat tempat di hati pembacanya.

Wakil Bupati Ciamis, H. Jeje Wiradinta ;

Pertama mengucapkan selamat kepada koran HR yang sekarang masuk usia 11 tahun. Tentunya juga koran HR sudah menyatu dengan masyarakat, khusunya di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Dalam pemberitaan memang korang HR fokus dan mampu mengisi segmen berita yang  lain dari media-media lainya, sehingga dalam menyajikan berita berbeda.

Sebagai media informasi, 11 tahun bukan waktu singkat, saya salut kepada koran HR yang mampu bertahan dan terus berkembang sebagai koran lokal, dan itu tidak banyak orang yang bisa melakukan mengelola media lokal. Selamat dan sukses menjadi koran yang terus berkembang dengan warna lain sebagai media informasi aktual, terpecaya dalam menyampaikan berita. Bahkan, dalam penyampaian berita pun HR mampu menyajikan narasumeber yang jelas, sehingga banyak diminati pembaca.

Ketua DPRD Kab. Ciamis, H. Asep Roni ;

Saya sangat apresiasi dengan bertambahnya usia koran HR yang ke 11 tahun. Itu merupakan bukti keseriusan koran HR sebagai media yang memang harus kita akui banyak dibaca di kalangan pemerintahan, pendidikan dan juga pedesaan. Koran HR adalah media yang sangat bisa memberikan informasi lebih detail lagi tentang Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Selain itu, pemberitaannya lebih objektif, maka sangat bagus dibaca oleh publik, khusunya masyarakat Ciamis. Selamat dan sukses selalu, serta terus berkembang sebagai koran lokal yang mampu bersaing dengan media lainnya, dalam artian bersaing dalam menyajikan berita yang baik.

Ketua Yayasan Universitas Galuh Ciamis, Otong Husni Taufiq ;

Selamat kepada koran HR yang ke-11 tahun. Semoga menjadi media yang selalu eksis memberitakan kepentingan masyarakat, yang kritis tapi etis, dan berbeda dengan media-media lainya di Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Kalau dilihat dan dibandingkan, usia 11 tahun merupakan usia yang memang masih muda, namun koran HR mampu dewasa dalam meyajikan setiap pemberitaan, sehingga setiap kali membaca koran HR sangat berbeda dari berita-berita di media lainnya, dan itu untuk koran lokal bisa bertahan dengan baik.

Bahkan berita yang ada di koran HR selalu berimbang, sehingga pembaca mampu dalam memahami isi berita, dan pemberitaannya pun tidak monoton. Kalaupun ada berita kasus atau kritik pembangunan, saya akui cukup bagus. Selamat dan sukses terus koran HR sebagai media koran lokal yang terus berkembang, dan dapat menyajikan pemberitaan yang aktual.

Ketua KNPI Kab. Ciamis, Ardan Risdiana ;

Selamat HUT koran HR yang ke-11, semoga bisa terus menjadi media informasi yang membawa kemajuan, terdepan dalam kondisi dan dinamika perkembangan media, khusunya koran lokal. Saya berharap koran HR bisa bermitra dengan semua elemen, baik pemerintahan, kepemudaan, dan juga lembaga sosial masyarakat lainnya, karena secara subjektif koran HR bisa memunculkan informasi yang berbeda sebagai bahan informasi ke masyarakat.

Saat ini saya lihat dan membaca koran HR selalu memberitakan secara aktual, apalagi menyangkut kepentingan masyarakat, sehingga mudah difahami dan dibaca masyarakat. Sebab, banyak muncul berita kritis sosial. Saya tahu persis waratawan dan juga redaksi koran HR dalam memajukan koran HR, sehingga dapat muncul dimasyarakat sebagai media informasi yang jelas. Bahkan sebagai bahan ada satu rubrik yang mempromosikan pemberitaan tentang elemen kepemudaan, karena pemuda juga merupakan dari elemen masyarakat.

Direktur LSM INPAM Kab. Ciamis, Endin Lidinilah, SH ;

Pertama selamat kepada Koran HR yang ke-11 tahun. Semoga sesuai namanya Harapan Rakyat menjadi media penyeru kepentingan rakyat, terutama rakyat lemah yang tidak bisa menyuarakan kepentingannya.

Kedua, semoga HR sebagai bagian dari industri media lebih maju lagi, sehingga kesejahteraan peminpin dan juga wartawannya bisa memadai, yang akhirnya berimbas pada profesonalisme. Karena profesionalisme sulit terwujud ketika kesejahteraan nihil.

Di tengah terpuruknya kepercayaan masyarakat terhadapa independensi media pasca Pilpres kemarin, saya harap koran HR bisa memperthankan independensinya. Sebab, hanya media yang independen yang akan bertahan, walaupun pasti banyak pengorbanan.

Terkait pemberitaan HR, harus dipertahankan suara-suara dari pedesaan, karena selama ini seringnya pemberitaan hanya city centris saja. Padahal banyak permasalahan di desa-desa yang perlu diangkat. Di sinilah peran koran HR sebagai koran Harapan Rakyat yang tentu menjadi media masyarakat di pedesaan nantinya, dan jangan lupa tetap kritis pada penguasan dan pengusaha. (Tim/Koran-HR)