Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarAkhir Tahun 2014, 5 KK Asal Banjar Transmigrasi ke Sultra

Akhir Tahun 2014, 5 KK Asal Banjar Transmigrasi ke Sultra

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 5 kepala keluarga (KK) asal Kota Banjar, akhir tahun 2014 akan bertransmigrasi ke daerah Padalare Utama, Kec. Wiwirano, Kab. Konawa Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Dari 130 KK di Jabar yang diberangkatkan transmigran kelokasi itu, kita mendapatkan jatah 5 KK. Mereka yang siap diberangkatkan itu berasal dari, 3 KK warga Kec.Langensari, dan 2 KK warga Kec.Pataruman,” kata Nana Suryana, Kabid Transmigrasi, Dinsosnakertrans Kota Banjar, Jumat, (14/11/2014).

Saat ini kelima KK yang akan diberangkatkan masih menunggu jadwal dari Pemprov Jabar, karena pihak Pemprov yang bertanggung jawab memberangkatkan.

“Pemberangkatan akan dilakukan serentak, bersama transmigran dari kab/kota lainnya di Jabar,” tambah Nana.

Setiap transmigran, kata Nana, akan diberi lahan usaha pertanian dan lahan tempat tinggal (rumah), dengan status hak milik. Total keseluruhan lahan untuk 130 KK dari Provinsi Jabar, akan diberi lahan seluas 610 ha.

Lahan pertanian yang akan dikelola para transmigran merupakan lahan kering, dan bisa dikembangkan sesuia pola usaha. Seperti pertanian jenis tanaman pangan yaitu, Padi gogo, jagung, ubi kayu, kacang hijau dan sayuran, dan berpotensi juga untuk perkebunan Kakao.

“Saya berharap, kelak kelima KK dari Kota Banjar mampu tercukupi swasembada pangannya. Sehingga akan mendorong pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)