Aksi Vandalisme Sasar Kawasan Taman Alun-alun Ciamis

Aksi vandalisme oknum tidak bertanggungjawab ini membuat kawasan alun-alun menjadi terkesan kumuh. Photo : Heri Herdianto/ HR

aksi vandalisme alun-alun ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Aksi vandalisme pada fasilitas umum di Kabupaten Ciamis makin marak. Kini sasarannya bukan lagi tembok-tembok pinggir jalan, tapi kawasan taman alun-alun raflesia Ciamis pun tidak luput dari aksi vandalisme tersebut. Meski letaknya tidak jauh dari pos jaga Polisi, ada saja tangan jail yang merusak keindahan taman alun-alun itu.  

Andi Hermawan (48), pengunjung taman alun-alun asal Cijeungjing, ketika ditemui HR, Selasa (25/11/2014), mengatakan, para pelaku aksi vandalisme sering menjadikan fasilitas umum maupun rumah warga sebagai media corat-coret mereka, mulai dari dinding dan pagar rumah, rollingdoor pertokoan hingga berbagai sarana rambu lalu-lintas hingga taman kota.

Menurut Andi, kawasan taman kota yang rawan pengrusakan tersebut seharusya dipasang kamera pengawas. Hal itu agar pelaku pengrusakan bisa diketahui indentitasnya dan bisa ditindak oleh pihak berwajib.

“Pembangunan taman di beberapa titik kota membuat cantik suasana kota, ada area untuk santai. Sayangnya, baru dibangun sebentar saja sudah dirusak,” jelasnya.

Ai Krisnawati (20), seorang mahasiswi perguruan tinggi Ciamis, ketika dimintai tanggapan, mengaku sangat prihatin dengan tindakan yang tidak beretika tersebut. Menurut dia, aksi vandalisme tidak hanya merusak pemandangan tetapi juga membuat keindahan kota menjadi kumuh.

“Lihat saja yang terjadi di dekat pos polisi taman raflesia. Dengan tulisan besar yang tidak rapih itu, membuat dinding tanaman menjadi rusak serta terkesan kumuh,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ai berharap agar para pelaku mendapat teguran keras dari pemerintah ataupun aparat berwenang. Soalnya taman itu dibiayai oleh APBD, seharusnya masyarakat juga ikut menjaganya. (heri/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar