Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisAnggaran Porda Rp. 4 Milyar Prestasi Juru Kunci, KONI Ciamis Disorot

Anggaran Porda Rp. 4 Milyar Prestasi Juru Kunci, KONI Ciamis Disorot

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Terpuruknya prestasi kontingen Kabupaten Ciamis di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar ke XII di Bekasi, dengan memperoleh 3 medali emas dan berada di juru kunci perolehan medali, mendapat sorotan dari sejumlah kalangan.

Mereka meminta KONI harus mempertanggungjawabkan prestasi buruk tersebut. Karena, mereka menilai anggaran besar yang dikeluarkan untuk Porda tidak sebanding dengan prestasi yang didapat.

Ketua LSM Inpam Ciamis, Endin Lidinilah, S.Ag, M.Ag, menegaskan, harus segera dilakukan evaluasi secara menyeluruh di tubuh KONI Ciamis setelah hasil yang didapat kontingen Porda Ciamis tidak berbanding lurus dengan anggaran yang dikucurkan dari APBD Ciamis.

“Setiap anggaran yang dikeluarkan dari APBD harus jelas hasilnya. Karena dalam aturan pengelolaan ABPD sudah ditekankan mengenai konsep berbasis kinerja. Dengan begitu, prestasi buruk ini harus segera mendapat evaluasi,” katanya, kepada HR, Selasa (25/11/2014).

Endin menambahkan, hasil dari evaluasi tersebut, harus menjadi catatan bagi Pemkab dan DPRD ke depan dalam mengakomodir setiap pengajuan anggaran. “ Artinya begini, ketika KONI meminta anggaran dengan jumlah besar, harus ditanya dulu targetnya apa, kebutuhannya apa dan persiapannya seperti apa. Jangan sampai, asal akomodir saja menyetujui anggaran,” tegasnya.

Menurut Endin, dari informasi yang diperolehnya, KONI Ciamis mendapat anggaran sekitar Rp. 4 milyar lebih untuk keperluan selama Porda berlangsung. Dengan anggaran sebesar itu, lanjut dia, tidak sebanding dengan prestasi yang didapat. “ Masalah KONI ini harus menjadi cermin ke depan dalam menyetujui setiap usulan anggaran,” tegasnya. (es/Koran-HR)