Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisBKBPMPD Ciamis: 78 Desa Cairkan ADD Tahap Ketiga

BKBPMPD Ciamis: 78 Desa Cairkan ADD Tahap Ketiga

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BKBPMPD) Kabupaten Ciamis menyatakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga sudah bisa dicairkan. Bahkan terhitung hingga Bulan Oktober 2014, sekitar 78 desa sudah mencairkan dana ADD tahap ketiga.

Kepala BKBPMPD Kabupaten Ciamis. H. Dondon Rudiana, Drs. M.Si, didampingi Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes), Drs. Asep Sutisna, M.Si, Senin (3/11/2014), mengungkapkan, pihaknya masih menunggu desa-desa yang lainnya untuk memproses pencairan dana ADD.

Asep menjelaskan, penerimaan ADD memang bervariasai, mulai dari yang terkecil sekitar Rp 100 juta, sampai dengan yang terbesar Rp 172.985.000. Jumlah tersebut ADD minimal ditambah dengan ADD Proporsional.

“Mekanisme pencairan ADD sendiri dibagi kedalam tiga tahapan, pada tahapan pertama 40 persen, tahapan kedua 30 persen dan tahapan ketiga 30 persen,” ucapnya.

Indikator ADD Proporsional yaitu dilihat dari indikator independen utama, jumlah rumah tangga miskin, pendidikan dasar, kesehatan (angka proporsi kematian Ibu dan bayi), dan keterjangkauan jarak dengan ibu kota kecamatan. Dan yang kedua variabel tambahan, dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah, potensi ekonomi, partisipasi masyarakat, dan jumlah unit desa, seperti halnya jumlah RT/RW.

”Kami tegaskan tidak ada keterlambatan pencairan ADD. Bagi desa yang belum, agar segera mengusulkannya, karena masih ada waktu untuk memproses pencairan ADD tersebut,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)