Demo Kenaikan BBM di Ciamis, Mahasiswa ‘Nyaris’ Bentrok dengan Polisi

Seratusan Mahasiswa saat terlibat aksi dorong-dorongan dengan petugas kepolisian, di halaman Kantor Bupati Ciamis. Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seratusan mahasiswa dari berbagai elemen perhimpunan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Ciamis Bersatu (FORMAT) menggelar aksi demonstrasi, memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), di halaman Kantor Bupati Ciamis, Kamis (27/11/2014). 

Pada aksi demonstrasi tersebut, para demonstran nyaris bentrok dengan petugas kepolisian dari Kepolisian Resor Ciamis yang sengaja ditugaskan untuk mengamankan aksi mahasiswa. Beruntung, celetukan berbau provokasi tidak menyulut amarah kedua belah pihak.

Irfan, perwakilan mahasiswa dari Universitas Galuh (Unigal), dalam aksinya menyatakan kekecewaannya terhadap pemerintah yang telah menaikkan harga BBM. Menurut dia, kenaikan harga BBM tersebut membuat masyarakat kalangan menengah ke bawah, khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis menjadi sangat terbebani. Belum lagi kenaikan BBM juga berimbas terhadap harga komoditi Sembako (sembilan bahan pokok).

Dari pantauan harapanrakyat.com, elemen perhimpunan mahasiswa yang tergabung dalam FORMAT, diantaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Front Aksi Mahasiswa Universitas Galuh (FAM Unigal), BEM Universitas Galuh, Mahasiswa Darussalam, Mahasiswa Putra Galuh dan banyak lagi. (Deni/R4/HR-Online)