Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, 11 Pokdakan Ikuti Bintek CBIB & CPIB

Di Banjar, 11 Pokdakan Ikuti Bintek CBIB & CPIB

Sebanyak 11 Kelompok Budidya Ikan (Pokdakan) calon penerima bantuan DAK 2014, tengah mengikuti bimbingan teknis (bintek) yang digelar Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Kota Banjar. Photo: Eva Latifah/HR.

Bintek pokdakan

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Banjar, menggelar pembinaan dan bimbingan teknis (bintek) kepada calon penerima bantuan hibah Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2014.

Kegiatan bintek yang dilaksanakan di Aula BPP Kec. Pataruman, Kota Banjar, Selasa (18/11/2014) itu, diikuti sebanyak 11 Kelompok Budidya Ikan (Pokdakan) yang akan menerima bantuan.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Distan Kota Banjar, Ir. Ngadimin PS, SP., mengatakan, bantuan yang diberikan kepada 11 Pokdakan tersebut diantaranya berupa bak pemijahan dan pendederan, kolam induk serta peralatan pembenihan.

“Tujuan dari diklat ini supaya semua kelompok bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah untuk mendukung proses produksi budidaya ikan, baik benih maupun peningkatan produksi,” kata Ngadimin.

Sementara itu, Kasi. Peternakan Distan Kota Banjar, drh. Iis Meilia, mengatakan, materi yang diberikan dalam kegiatan bintek tersebut meliputi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), dan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

Untuk materi CBIB disampaikan oleh Ratna Damayanti, S.Pi., dari Dinas Pertanian Banjar, sedangkan materi CPIB disampaikan oleh Kepala UPTD Balai Benih Ikan Dinas Pertanian Kota Banjar, Risa Rosina, S.ST.Pi.

“Selain materi tersebut, dalam kegiatan bintek juga membahas tentang peran penyuluh perikanan sebagai konsultan keuangan mitra bank atau KKMB. KKMB ini untuk membantu proses peminjaman permodalan bagi kelompok yang membutuhkan,” kata Iis. (Eva/Koran-HR)