Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita Ciamisdrg. Engkan: Ciamis Masih Kekurangan 62 dokter Puskesmas

drg. Engkan: Ciamis Masih Kekurangan 62 dokter Puskesmas

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

drg. Engkan Iskandar
drg. Engkan Iskandar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, mengungkapkan, jika dilihat dari standar pelayanan ideal, jumlah dokter yang ditugaskan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Ciamis masih mengalami kekurangan. Menurutnya, saat ini masih kekurangan sekitar 62 dokter yang ditugaskan di seluruh Puskesmas.

“Beberapa Puskesmas di Ciamis jumlah dokternya masih kurang ideal. Seperti contoh, masih ada Puskemas Rawat Inap di Ciamis yang masih ditangani oleh satu dokter. Padahal, menurut standar pelayanan, seharusnya Puskesmas Rawat Inap itu minimalnya harus ditangani oleh 3 dokter,” ujarnya, usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, di Kantor Dinas Kesehatan Ciamis, Rabu (12/11/2014).

Meski demikian, lanjut Engkan, minimnya jumlah dokter Puskesmas tersebut, tidak menjadi kendala yang berarti dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hanya, lanjut dia, jika pelayanan ingin dimaksimalkan, tentunya harus diupayakan untuk menambah dokter Puskesmas.

“Kita juga sudah berupaya dengan mengajukan penambahan dokter Puskesmas ke Kementerian Kesehatan. Kita laporkan kondisi kekurangan dokter yang terjadi di Ciamis. Mudah-mudahan saja pengajuan tersebut bisa diakomdir,” katanya. (Her/R2/HR-Online)