Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita PangandaranGundukan Sampah di TPS Pangandaran Berhasil Ditangani

Gundukan Sampah di TPS Pangandaran Berhasil Ditangani

Kondisi TPS Pangandaran yang sudah berhasil ditangani Dinas Kebersihan. Photo : Madlani/ HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Binamarga, Ciptakarya, Kebersihan, Tataruang dan Pertamanan Kabupaten Pangandaran berhasil melakukan sebuah terobosan dalam penanganan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Pangandaran.

Pasalnya, masalah gundukan sampah dan bau menyengat yang selama ini dikeluhkan warga, sudah hampir satu minggu tidak lagi terdengar. Sebab, sampah yang biasanya menggunung di TPS Pangandaran sudah berhasil dibersihkan.

Kasie Kebersihan dan Pertamanan, Salimin, Selasa (4/11/2014), mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak sepuluh orang personil untuk menangani sampah di TPS. Kesepuluh personil itu siang malam bekerja membereskan gundukan sampah yang selama ini seringkali dikeluhkan warga.

“Tidak ada libur bagi kami dan personil. Mereka bekerja secara bergiliran. Walaupun cuma ada 1 armada, kami tetap bertekad sampai seterusnya TPS Pangandaran bebas dari sampah,” jelas Salimin.

Diakui Salimin, pihaknya masih terkendala masalah pelayanan, karena jumlah armada pengangkut sampah yang murang memadai. Dia berharap mudah-mudahan fasilitas alat berat dan armada pengangkut sampah yang disediakan melalui mekanisme pengadaan segera dapat terealisasi pada pertengahan bulan ini.

Menurut Salimin, alat berat yang saat ini dibutuhkannya, antaralain, 1 unit amrol, 1 unit stoom wales, 1 unit buldoser, dan empat buah kontainer. Kedepan, pihaknya akan berupaya agar TPS Pangandaran tetap bersih dan terkendali.

“Sudah diprogram sejak seminggu yang lalu, dan bukan saat ada Menteri Susi saja, kita usahakan tetap bersih seperti ini,” jelasnya. (Mad/Koran-HR)