Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisJalur Alternatif di Cihaurbeuti Ciamis Rusak Parah

Jalur Alternatif di Cihaurbeuti Ciamis Rusak Parah

Jalur alternatif di Cihaurbeuti ini dibiarkan rusak parah. Photo : Heri Herdianto/ HR

jalan sukahurip

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jalan desa sepanjang puluhan kilometer yang melintasi Dusun Citengah, Desa Sukamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya rusak parah. Warga menuding Pemerintah Kabupaten Ciamis belum melakukan upaya untuk memperbaikinya.

Kadi (48), warga Sukamulya, Minggu (17/11/2014), membenarkan kondisi infratsruktur jalan di wilayahnya sangat memprihatinkan. Menurut dia, sejak lama warga ingin jalan itu segera diperbaiki. Namun sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Ciamis belum juga mengagendakannya.

Menurut Kadi, jalan tersebut merupakan jalur alternatif menuju ke jalur nasional. Tidak jarang, saat waktu-waktu tertentu, jalan itu seringkali dijadikan akses untuk menunjang kelacaran aktifitas transportasi. Salahsatunya ketika peristiwa ambrolnya jembatan Cibaruyan.

Ade Ahmad (48), Pengendara Nasol Cikoneng, Minggu (9/11/2014), mengatakan, jalur tersebut merupakan akses vital bagi warga Desa Sukamulya. “Sayangnya kondisi fisik infrastruktur jalan ini tidak lagi membantu memperlancar aktifitas warga sehari-hari. Kondisinya rusak parah. Jalanan berlubang dan berbatu. Kalau hujan jalan jadi licin,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ade berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis secepatnya membangun infrastruktur jalan tersebut, agar perekonomian dan mobilisasi masyarakat tidak terganggu, dan warga merasa nyaman saat beraktifitas. (heri/Koran-HR)