Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisPenerbitan e-KTP Telat Dicetak, Disdukcapil Ciamis Kelimpungan

Penerbitan e-KTP Telat Dicetak, Disdukcapil Ciamis Kelimpungan

Foto: Ilultrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Penerbitan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk) Elektronik tampaknya mengalami kendala. Di Kabupaten Ciamis, ribuan e-KTP yang tengah dalam proses pembuatan mengalami keterlambatan distribusi ke masyarakat. Padahal, tak sedikit masyarakat yang sudah mengajukan pembuatan e-KTP sebulan lalu.

Kepala Bidang Informasi dan Kependudukan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Capilduk) Kabupaten Ciamis, Dindin Hardisuryaman, mengatakan, keterlambatan penerbitan e-KTP disebabkan dari proses percetakan kartu yang dilakukan pemerintah pusat belakangan ini mengalami kendala. Karena, seluruh proses percetakan kartu merupakan kewenangan pusat.

“Setelah kami konfirmasi ke Kemendagri, ternyata ada kendala pada proses percetakan. Dan masalah ini dialami oleh seluruh daerah di Indonesia, bukan hanya Ciamis saja,” ungkanya, Rabu (05/11/2014).

Kondisi ini, lanjut Dindin, membuat seluruh pemerintah daerah kelimpungan. Pasalnya, kata dia, pihak yang berhadapan langsung dengan masyarakat adalah pemerintah daerah.

Dindin menambahkan, permasalahan keterlambatan penerbitan e-KTP ini kerap menuai protes dari masyarakat. “ Memang kendala ini terjadi di pusat, tetapi yang berhadapan langsung dengan masyarakat kan kami. Kondisi ini membuat pusing daerah,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Dindin, pihaknya tidak tinggal diam dengan permasalahan ini. Karena semenjak terjadi keterlambatan pengiriman kartu e-KTP, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Akhirnya, kita buat alternatif saja, dengan cara menyarankan kepada masyarakat yang membutuhkan KTP segera, bisa diganti dengan KTP non elektronik untuk sementara,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)