Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisPrestasi Jeblok, Selama 4 Tahun KONI Ciamis Serap Rp. 12 Milyar dari...

Prestasi Jeblok, Selama 4 Tahun KONI Ciamis Serap Rp. 12 Milyar dari APBD

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekretaris KNPI Kabupaten Ciamis, Maulana Sidik, mengatakan, melorotnya prestasi kontingen Ciamis pada gelaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar ke XII di Bekasi lalu mendesak KONI untuk segera melakukan kritik dan outo kritik terhadap kinerjanya. Sehingga, prestasi pada gelaran Porda ke depan bisa lebih baik.

“Permasalahan anggaran KONI berapa nilainya selama menghadapi gelaran Porda di Bekasi, itu relatif. Artinya, bisa dibilang kecil jika prestasinya bagus, juga sebaliknya bisa dibilang fantastis jika prestasinya hanya sebagai penghuni juru kunci di perolehan medali,” tegasnya, kepada HR, Selasa (25/11/2014).

Sidik mengatakan, pihaknya akan membahas persoalan meresotnya prestasi kontingen Porda Ciamis ini pada sesi rountable focus group discussi KNPI yang akan digelar dalam waktu dekat ini. “ Kami berharap diskusi tersebut bisa dihadiri oleh seluruh stakeholder Ciamis, terutama para penggiat olahraga. Karena, permasalahan ini perlu dibahas, agar ke depan tidak terulang,” ujarnya.

Sidik mengatakan, jika berbicara anggaran APBD yang digelontorkan ke KONI Ciamis, memang sangat fantastis jika dibandingkan dengan hasil prestasinya. Menurutnya, pada setiap tahun anggaran, KONI Ciamis mendapat bantuan sekitar Rp. 3 milyar dari APBD Ciamis.

“Kalau dikali 4 tahun, berarti anggaran yang dikucurkan ke KONI Ciamis sekitar Rp. 12 milyar. Sementara hasil prestasi di Porda, hanya mendapat 3 medali emasi. Kondisi ini yang perlu dievaluasi dan bersama-sama mencari solusinya agar ke depan bisa lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Demokrat Indonesia, Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, menegaskan, KONI Ciamis harus bertanggungjawab terhadap prestasi buruk yang didapat di ajang Porda. “ Dengan anggaran besar tetapi prestasi jeblok, tentunya harus mendapat penjelasan dari KONI kenapa bisa seperti itu,” tegasnya, Selasa (25/11/2014).

Pihak yang memanggil KONI, kata Nanang, adalah DPRD. Karena DPRD memiliki peran saat menyetujui anggaran tersebut. “Menurut hemat saya, DPRD wajib memanggil KONI. Karena DPRD sebagai salah satu pihak yang menyetujui anggaran KONI, harus meminta penjelasan terkait prestasi yang memalukan nama Ciamis tersebut,” kata Nanang, yang juga Anggota DPRD Ciamis ini. (es/Koran-HR)