Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisSerem! Inilah Cerita Gaib yang Sering Terjadi di TPU Buyut Japaliman Ciamis...

Serem! Inilah Cerita Gaib yang Sering Terjadi di TPU Buyut Japaliman Ciamis

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Buyut Japaliman, di Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dikenal angker dan kerap mengisahkan cerita-cerita misteri. Konon, di tempat pemakaman ini, sering terjadi kejadian-kejadian aneh apabila ada orang yang meninggal dan akan dimakamkan di tempat tersebut.

Holidi (45), warga  Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, mengaku dirinya pernah beberapa kali mendengar suara aneh saat melintas tengah malam ke TPU Buyut Japaliman. Saat itu, kata dia, dirinya mendengar jelas suara seperti ada orang yang sedang membelah bambu.

“Sempat saya penasaran dan mencari dimana sumber suara itu. Karena bukan satu kali itu saja saya mendengar suara tersebut. Setelah ditelisik, ternyata suara orang membelah bambu itu berada di kawasan pemakaman Buyut Japaliman,” ujarnya, kepada HR, Rabu (12/11/2014).

Menurut Holidi, setelah dirinya mendengar suara aneh tersebut, keesokan harinya menceritakan kejadian tersebut kepada temannya. Ternyata, lanjut dia, temannya pun pernah mendengar ada cerita orang lain yang selalu mendengar suara orang membelah bambu di kawasan pemakaman tersebut.

“Waktu itu teman saya bilang, memang suara orang membelah bambu sering terjadi apabila akan ada orang yang akan dimakamkan di tempat tersebut. Suara itu konon sebagai pertanda gaib bahwa akan ada orang yang meninggal dan dimakamkan di pemakaman itu,” terangnya.

Holidi mengaku saat temannya bercerita soal pertanda gaib terkait suara aneh tersebut, dirinya waktu itu tidak begitu percaya. Namun, selang beberapa bulan kemudian, dirinya kembali mendengar suara aneh saat melintas ke pemakaman tersebut.

“Ternyata besoknya paman saya meninggal secara mendadak dan dimakamkan di pemakaman itu. Sebelumnya saya tidak menghiraukan dan mengaitkan suara itu sebagai pertanda gaib, karena sebelumnya paman saya ataupun tetangga di sekitaran rumah tidak ada yang sakit parah,” terangnya.

Holidi pun mengaku sempat ketakutan apabila dirinya tengah malam melintas ke TPU tersebut. Bahkan, saking takutnya, dirinya tidak berani tengah malam jalan kaki sendirian melintas ke TPU tersebut.

Sementara itu, Muslim, yang juga warga setempat, membenarkan banyak warga di daerah tersebut mengaku sering mendengar suara aneh apabila melintas ke TPU Buyut Japaliman. Menurutnya, pertanda gaib di pemakaman tersebut, tidak hanya suara mirip orang membelah bambu saja, tetapi sering juga memberikan pertanda melalui suara kicauan burung dengan nada menakutkan.

“Apabila terdengar suara kicauan burung cingcuing yang sumber suaranya dari arah makam, warga di sini pasti akan mengecek saudaranya atau tetangganya apakah ada yang sakit atau tidak. Karena, sering kali setelah burung itu bersuara dari arah makan, besok ada orang yang meninggal,” ujarnya.

Sering terjadinya kejadian-kejadian aneh di TPU Buyut Japaliman, dibenarkan oleh Kaur Kesra Desa Ciakar, Jamal. Menurutnya, tempat pemakaman itu memang sudah terkenal angker dari dulunya.

“Yang saya alami saja sebagai Kesra yang sering dimintai bantuan oleh warga apabila keluarganya ada yang meninggal. Kalau mau menguburkan jenazah yang dimakamkan di TPU Buyut Japaliman, sebelumnya pasti ada pertanda datang kepada diri saya, yakni urat pinggang saya terasa sakit,” akunya. (Dji/R2/HR-Online)