Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisSinggah di Ciamis, Kakek Tua Asal Banten Ini Bersepeda Keliling Indonesia

Singgah di Ciamis, Kakek Tua Asal Banten Ini Bersepeda Keliling Indonesia

Andik yang menggunakan baju biru dan berjangkut putih saat berpoto bersama pengurus ISSI Kabupaten Ciamis dan Ketua ISSI Jabar pada kunjungannya di Ciamis,Senin (17/11/2014). Foto: Eli Suherli/HR

a

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Andik Jaya Prawira, Pria kelahiran Banten, 4 Agustus 1943 ini usianya sudah mencapai 72 tahun. Pensiunan pegawai Dinas Kehutanan di Kalimatan tahun 2006 ini ingin mencoba memecahkan rekor MURI dengan berkeliling Indonesia menggunakan sepeda.

Saat singgah di Ciamis, Senin (17/11/2014), Andik mengungkapkan, perjalanan keliling Indonesia tersebut akan memakan waktu sekitar 1,5 tahun. Selain untuk memecahkan rekor Muri, perjalanan itu sengaja dia tempuh untuk menemui rekan-rekan satu angkatan SMA di seluruh Indonesia.

“Sampai Ciamis ini saya sudah melakukan perjalanan sekitar 3 bulan. Mulai perjalann dari gedung Gubernur Banten, setelah mendapatkan tanda tangan dari Sekda Provinsi Banten pada tanggal 20 Agustus 2014,” ungkapnya.

Menurut Andik, dalam tiga bulan ini, dirinya sudah berhasil mengelilingi tiga provinsi, yaitu provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Di setiap perjalanannya, dia menemui ADM perhutani, kepala Kehutanan dan DPRD serta Bupati/ walikota untuk meminta tanda tangan.

Setelah Jawa Barat, kata Andik, dia akan melanjutkan perjalanan menuju Bali, melewati Jawa Tengah, kemudian Jawa Timur. Kakek beranak 7 dan memiliki cucu 12 ini mendapatkan dukungan penuh dari keluarga, istrinya, Meli (anak dari Sekda Kaltim) yang dinikahinya semasa kerja disana.

“Tidak ada hambatan sepanjang perjalanan yang sudah ditempuh selama tiga bulan ini. Semuanya berjalan lancar. Perjalanan selalu saya mulai pada pukul 7 dan berakhir pada pukul 5 sore. Kemudian beristirahat di mushola SPBU atau di kediaman sesama pegawai kehutanan,” katanya.

Di Ciamis, lanjut Andik, dia berhasil menemui Wakil DPRD Ciamis, Bupati serta Kepala ADM Perhutani dan Kadis Kehutanan Ciamis. Pada kesempatan itu, diapun tidak lupa meminta tanda tangan.

“Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa berjalan lancar dan berhasil mengelilingi Indonesia sesuai rencana waktu yang sudah ditentukan. Soal makanan selama perjalanan tidak ada pantangan. Saya selalu meminum madu Perhutani untuk menambah stamina,” pungkasnya. (es/R4/HR-Online)