Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranSoal Rujukan, Kebijakan Puskesmas Sindangwangi Pangandaran Disoal

Soal Rujukan, Kebijakan Puskesmas Sindangwangi Pangandaran Disoal

Puskesmas Sindangwangi Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Puskesmas Sindangwangi Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR
Puskesmas Sindangwangi Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) asal Kabupaten Pangandaran, Imang Wardiman, Selasa (11/11/2014), mempersoalkan kebijakan Puskesmas Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, yang tidak mengakomodir rujukan untuk ke Rumah Sakit di Jawa Tengah. Selama ini Puskesmas Sindangwangi diketahui hanya memberikan rujukan kepada pasien untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar.

Imang menuding kebijakan Puskesmas Sindangwangi untuk memberikan rujukan hanya ke RSUD Banjar itu tidak ada dasarnya. Padahal, Puskemas lain di Pangandaran bisa memberikan rujukan kepada pasien untuk pengobatan di luar daerah seperti rumah sakit di Jawa Tengah.

“Saya dapat informasi dari warga, bahwa rujukan dari Puskesmas Sindangwangi ke RS di Jawa tengah tidak bisa langsung, tapi harus dirujuk terlebih dahulu ke RSUD Banjar,” katanya.

Sementara itu, Imang juga mencoba mencari tahu kebijakan di Puskesmas lainnya, salah satunya di Puskemas Padaherang. Disana, pasien yang ingin berobat ke rumah sakit di Jawa Tengah ternyata bisa mendapat rujukan dari Puskesmas.

“Kebetulan pasiennya tetangga saya. Setelah sampai di RS Banyumas, dia diterima, walaupun berbekal rujukan dari Puskesmas Padaherang,” tutur Imang. (Mad/Koran-HR)