Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTahun 2015, Pendirian RSUD di Banjarsari dan Kawali Ciamis Mulai Diproses

Tahun 2015, Pendirian RSUD di Banjarsari dan Kawali Ciamis Mulai Diproses

Puskesmas Ciulu Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Ist/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Janji Pemkab Ciamis yang akan membangun dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) type D, di Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Kawali, tampaknya segera direalisasikan.

Pemkab Ciamis sudah mengajukan permohonan ke Kementrian Kesehatan agar dilakukan uji kelayakan terhadap Puskesmas Ciulu Banjarsari dan Puskesmas Kawali. Uji kelayakan itu akan dilakukan pada tahun 2015. Dua puskesmas itu pun diproyeksikan untuk ditingkatkan statusnya menjadi RSUD type D.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, mengatakan, dalam perencanaan tahun 2015, akan dilakukan uji kelayakan di dua puskesmas di Kabupaten Ciamis. Hal itu setelah pihaknya mengajukan Puskesmas Ciulu dan Kawali untuk ditingkatkan statusnya menjadi RSUD type D.

“Uji kelayakan itu akan dilakukan oleh tim dari Kementerian Kesehatan. Kita tunggu saja hasilnya nanti, apakah Puskesmas Ciulu dan Kawali layak ditingkatkan menjadi RSUD type D,” katanya usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, di Kantor Dinas Kesehatan Ciamis, Rabu (12/11/2014).

Selain itu, lanjut Engkan, pihaknya pun sudah mengagendakan peningkatan status puskesmas lainnya. Di tahun 2014 ini, kata dia, ada dua puskesmas yang statusnya ditingkatkan dari puskesmas rawat menjadi puskesmas rawat inap.

“Dua Puskesmas itu adalah Cihaurbeuti dan Panawangan. Selain ditingkatkan statusnya, juga dilakukan pembenahan infrasrtukturnya dan alat kesehatannya,” terangnya.

Sementara di tahun 2015, menurut Engkan, dua puskesmas lagi akan ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Ciawitali Purwadadi dan Puskesmas Kertahayu Pamarican,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)