Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita Ciamis1852 Alumni Fakultas Hukum Unigal Ciamis Tersebar di Dunia Kerja

1852 Alumni Fakultas Hukum Unigal Ciamis Tersebar di Dunia Kerja

Gedung Fakultas Hukum Unigal Ciamis. Foto: Deni Supendi/HR

SONY DSC

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Fakultas Hukum Universitas Galuh Ciamis sedikitnya telah meluluskan 1852 Sarjana Hukum sejak tahun 1989 sampai dengan tahun 2014. Bahkan, sejumlah mendapatkan posisi strategis dan pengakuan di dunia pekerjaan. Para alumni saat ini tersebar di berbagai lembaga/ instansi pemerintah maupun swasta.

Dekan Fakultas Hukum Unigal, H. Dudung Mulyadi, S.H.,M.H., didampingi Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Humas, Hendi Budiaman, S.H.,M.H, membenarkan soal penyerapan alumni Fakultas Hukum itu.

Pada kesempatan itu, Dudung menuturkan, sejumlah alumni Fakultas Hukum yang saat ini sudah bekerja, diantaranya berada di lembaga/ institusi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pemerintah baik pusat maupun propinsi, kabupaten/ kota, advokat, notaris, dosen, serta BUMN dan BUMD.

Lebih lanjut, Dudung mengungkapkan, bahwa pihaknya memiiki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan ilmu hukum yang kompetitif, baik secara teoritis maupun praktis, tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah. Dengan itu, pihaknya berupaya secara maksimal untuk mencetak lulusan yang profesional dan mampu berdaya saing dalam dunia kerja.

Kedepan, kata Dudung, Fakultas Hukum Unigal diharapkan menjadi pusat pendidikan ilmu hukum yang memberikan konstribusi dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat, serta mendukung penegakan hukum (law enforcement) yang berkeadilan. Hal itu disesuaikan juga dengan visi dan misi Fakultas Hukum Unigal.

Demi mewujudkan target itu, lajut Dudung, Fakultas Hukum menerapkan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) sebagai sistem pendidikan atau perkuliahan, dengan beban studi 151 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu empat tahun atau delapan semester.

Kegiatan perkuliahan atau pendidikan di Fakultas Hukum ditunjang dengan fasilitas lengkap. Antaralain, Ruang Kuliah dan Laboratorium Peradilan Semu, Biro Konsultasi Klinis dan Bantuan Hukum (BKKBH), Pelatihan Praktisi Hukum, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), e-Library (Perpustakaan), Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, Sistem Administrasi Akademik dan Keuangan Online, dan Hotspot area.

Selanjutnya, kegiatan dan proses perkuliahan yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Unigal didukung oleh 36 orang dosen tetap maupun tidak tetap. Para tenaga dosen ini memiliki kualitas pendidikan S2 dan S3, kompetensi, profesional dan berdedikasi tinggi pada bidangnya.

“Perlu kami sampaikan juga, saat ini Program Studi Ilmu Hukum (S1) statusnya sudah terakreditasi, Nilainya B,” pungkas Dudung. (deni/Koran-HR)