Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita Banjar5 Hektar Sawah di Balokang Banjar Terendam Banjir

5 Hektar Sawah di Balokang Banjar Terendam Banjir

Areal pesawahan seluas 5 hektar di Dusun Cibeunteur, Desa Balokang dan Dusun Gardu, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, terendam banjir, Sabtu (20/12/2014). Foto: Hermanto/HR

5 Hektar Sawah di Balokang Banjar Terendam Banjir

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Akibat terus diguyur hujan lebat, areal pesawahan seluas 5 hektar di Dusun Cibeunteur, Desa Balokang dan Dusun Gardu, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, terendam banjir, Sabtu (20/12/2014). Akibatnya, para petani mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah.

Diduga, penyebab banjir di areal persawahan ini, akibat derasnya hujan  dan ada penyempitan di saluran pembuangan. Akibat terendam banjir petani pun terancam merugi karena padi yang baru berumur satu minggu ini terancam mati jika tidak surut dalam waktu dekat ini.

Deni Daus (30) warga Dusun Gardu, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, menjelaskan, air mulai menggenangi  persawahan sejak hujan deras selama tiga jam. Menurutnya, areal persawahan di Gardu dan Cibeunteur ini rawan terkena banjir jika sedang hujan lebat. “Jika hujan deras, pesawahan ini pasti terendam banjir,”ujarnya.

Hal yang sama pun diucapkan Ajum (55) warga Cibeunteur. Dia mengatakan akibat banjir ini, para pemilik sawah terancam merugi hingga belasan juta rupiah, karena tanaman padi yang baru berumur satu Minggu ini akan terancam mati. “Jika hujan terus mengguyur, khawatir tanaman padi akan mati,”ucapnya.

Warga khawatir, jika hujan lebat kembali mengguyur Kota Banjar, maka air akan naik ke permukiman warga, dan areal sawah yang tergenang banjir semakin meluas. (Hermanto/R2/HR-Online)