Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarAkhir 2014, Kejari Banjar Targetkan Kasus KPU ke Pengadilan Tipikor

Akhir 2014, Kejari Banjar Targetkan Kasus KPU ke Pengadilan Tipikor

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Munaji, SH. Foto: Nanang S/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kejaksaan Negeri Kota Banjar mentargetkan penuntasan kasus dugaan penyelewengan anggaran Pemilu di KPUD Banjar, pada akhir tahun 2014 sudah harus dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Bila nanti pada pemeriksaan kepada ketiga saksi Komisioner dan Kasubag Keuangan sudah menemui titik terang bukti yang kuat. Maka kami akan limpahkan ke pengadilan Tipikor,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Banjar, kepada HR Online di ruang kerjanya, Jumat, (12/12/2014).

Namun Munaji tak memberi kepastian tepatnya berkas dilimpahkan. “Pokoknya akhir tahun sudah kita limpahkan,” tegasnya.

Saat ini pihaknya, kata Munaji, tengah memfokuskan pemeriksaan kepada ketiga tersangka yang sudah ditetapkan. Sebab, menurutnya, ketiga orang tersangka tersebut, satu sama lain saling berkaitan.

“Kami menduga ketiga tersangka itu bersekongkol, dan ada upaya kolektif kolegial dalam melakukan penggunaan anggaran fiktif sebesar 2,1 miliar, dari total anggaran 20 miliar bagi pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres,” ungkap Munaji.

Mengenai keterlibatan Komisioner lain, menurut Munaji, tidak menutup kemungkinan. Akan tetapi, Ia menegaskan, tidak semua Komisioner terlibat. “Bukti kearah itu sedang kita dalami. Sudahlah, lihat saja perkembangannya seperti apa,” tandasnya.

Mengenai hasil audit kerugian negara oleh BPKP Jabar, kata Munaji, hingga kini masih ditunggu hasil akhirnya. “Audit BPKP bisa dijadikan bukti pendukung. Bila tuntas cepat hasil auditnya maka cepat pula tuntas seluruhnya,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)

 

Baca Juga:

Korupsi KPUD, Kejari Banjar Panggil 3 Saksi & Saksi Tersangka

Periksa SIS KPU, Kejari Banjar Akan Sita Barang Bukti Uang